Kabupaten Pangandaran Bentuk Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Sehat (MPLS)


Foto : Nn

Pangandaran, Analisa Post | Peduli lingkungan bersih dari sampah warga Dusun Citotok Desa Ciparanti Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran bentuk kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Sehat (MPLS). Sabtu (08/05/2021)


Awalnya berdiri MPLS sekitar bulan Desember yang berjumlah tujuh orang. Bertujuan untuk mengedukasi warga masyarakat akan kebersihan dan manfaat tentang sampah.


Menurut Agiv salah satu anggota MPLS, penarikan sampah dilakukan kadang tiga hari sekali setelah sampah di tarik menggunakan gerobak, lalu di kumpulkan, di pilah mana sampah organik dan non organik kemudian di olah.

Foto : (Nn)

"Untuk non organik di masukan ke enseminator/pembakar sampah dan untuk sampah organik dimasukan drum untuk dibuat pupuk organik." ungkapnya


"Adapun regulasi penarikan sampah bagi warga itu di kenakan iuran wajib sebesar Rp 10.000 rupiah perbulan dan untuk saat ini kurang lebih ada 120 kk yang baru di perbolehkan sampahnya untuk di kelola." Sambungnya.


Kamipun berharap warga masyarakat desa Ciparanti peduli lingkungan sehat dan berharap bisa mendukung langkah kelompok MPLS, supaya bisa berkembang dan maju kedepannya.


"Kami juga berharap dari pemerintahan desa dan dinas terkait bisa andil di dalamnya supaya kelompok MPLS bisa maju." Pungkas agiv (Nn)

27 tampilan0 komentar