Kadisnakertrans Jatim Lepas 11 Keluarga dengan 38 Jiwa Untuk Transmigrasi Ke Sulbar



Foto : Kominfo Jatim

SURABAYA - analisapost.com | Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigari, Himawan Estu Bagijo melepas 11 keluarga dengan 38 jiwa Transmigrasi ke Sulawesi Barat, Minggu (24/10/2021)petang.


Sebanyak 11 keluarga tersebut berasal dari Kabupaten Trenggalek dan Blitar.

Lebih lanjut Himawan menjelaskan, proses keberangkatan ke Mamuju Sulbar ini cukup lama.Sebelum berangkat 11 keluarga ini diberi ketrampilan Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) di Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati Singosari.

Transmigrasi merupakan salah satu program yang cukup strategis dari pembangunan nasional karena program transmigrasi berkaitan langsung dengan upaya-upaya meningkatkan taraf hidup transmigrasi dan masyarakat sekitarnya.

”Kami berharap mudah-mudahan mereka terus menikmati dan berjalan dengan baik. Keberangkatan mereka didampingi oleh kawan-kawan dari Kementerian dari kabupaten asal, dan dari Provinsi untuk memastikan bahwa mereka sampai di tempat tujuannya dan diterima dengan tepat oleh Pemerintah kabupaten dan Provinsi tujuan,” ujar Himawan.

"Harapan kami pada para transmigrasi nanti bisa memperbaiki/memperoleh kehidupan, bisa menerima dan mengolah lahan dengan tepat, serta sejahtera dalam kehidupan. Ini bagian membangun dari satu kesejahteran yang meluas warga Jatim dan mengurangi angka pengangguran,” ujar Himawan.

Sementara itu Kepala Bidang Transmigrasi. Achmad Zaifoer mengatakan, sebelum diberangkatkan calon transmigrasi dari kabupaten daerah asal ditransitkan terlebih dahulu di transito Transmigrasi Disnakertrans Jatim dan calon transmigrasi ini mendapatkan pelayanan penampungan, permakanan, pemeriksaan kesehatan (termasuk swab PCR), angkutan (pesawat), packaging barang bawaan diberi bantuan sandang dan diberikan obat bekal.

Dari asal calon transmigran dari Kabupaten Trenggalek sebanyak 8 KK (26 jiwa) tujuan UPT Salulisu Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat, sedangkan transmigran dari kabupaten Blitar sebanyak 3 KK (13 jiwa) tujuan UPT salundeang Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat.

Bagi calon transmigrasi juga diberikan pelatihan peningkatan kompetensi bagi calon transmigrasi sebelum diberangkatkan terlebih dahulu diberikan pelatihan peningkatan kompetensi di UPT BLK Wonojati Disnakertrans Provinsi Jawa Timur selama 7 hari dengan jenis pelatihan pertanian perikanan dan peternakan untuk KK calon transmigrasi dan pelatihan pengolahan hasil pertanian untuk istri calon transmigrasi pelatihan peningkatan kompetensi calon transmigrasi sudah diberikan dilaksanakan pada tanggal 21 sampai dengan 27 September lalu.(Kominfo/Red)

322 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua