Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Akan Berikan Pelayanan Terbaik

PALEMBANG | analisapost.com

Menghadapi pelaksanaan ibadah haji tahun 2022, Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Palembang, akan berikan pelayanan terbaik untuk keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.(8/6/2022).


“Kami telah membentuk tim serta menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan jamaah. Jumlah anggota tim sebanyak 50 orang yang terbagi menjadi tiga grup, yang diketuai Kasi Lantaskim, Adep Yoenoes, Kasubag Tata Usaha, Yovita MahendraKasih, Kasubsi Informasi Keimigrasian, Eka Puryati,” ungkap Kepala, Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan.



Menurut Kakanim Mohammad Ridwan, jumlah jemaah haji tahun ini sebanyak 3.232 orang yang merupakan jemaah yang telah tertunda keberangkatannya sejak tahun 2020 – 2021, pembuatan paspor nya telah dilakukan pada tahun tersebut.


Namun, terdapat beberapa penambahan pembuatan paspor, seperti jemaah yang menggantikan kuota, keberangkatan orang tuanya yang telah meninggal dunia atau telah berusia diatas 65 tahun.

Jemaah calon haji asal Sumsel dijadwalkan akan berangkat pada 25 Juni 2022 mendatang, melalui keberangkatan embarkasi Palembang.


Selain itu, ada juga jemaah yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung yang keberangkatannya melalui embarkasi Palembang.


“Para jemaah calon haji asal Sumsel ini akan tiba di asrama haji sehari sebelumnya, yakni 24 Juni 2022,” urai Kakanim Palembang, Mohammad Ridwan.


Mengenai mekanisme Pemeriksaan Paspor Jemaah Haji, Ridwan menjelaskan pada tanggal 25 Juni, pukul 01:35 WIB, Petugas imigrasi sudah tiba di asrama Haji untuk melaksanakan Pemeriksaan dan peneraan cap keberangkatan Paspor Jemaah Haji. Sebelumnya kata Ridwan Paspor sudah dikumpulkan secara kolektif oleh petugas dari Kementrian Agama Provinsi Sumsel.



“Dengan pengumpulan paspor secara kolektif menghindarkan antrian jemaah dalam pemeriksaan keimigrasian,” ungkapnya.


Mohammad Ridwan menambahkan, 1 jam sebelum keberangakatan, paspor yang sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi di kembalikan lagi ke pada calon jemaah haji yang sudah datang menunggu di dalam ruang tunggu keberangakatan di asrama haji.


“Setelah paspor dipastikan sudah berada di tangan para calon jemaah Haji, calon jemaah haji siap diberangkatkan menuju bandara SMB 2 Untuk pemberangkatan Kloter 1 Embarkasi Palembang,” cetus Mohammad Ridwan.

Untuk memberikan kenyamanan para jemaah saat pembagian paspor yang sudah dilakukan pemeriksaan dan sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi, petugas imigrasi juga memberikan sosialisasi kepada jemaah agar dapat menyimpan paspornya dengan baik sehingga tidak jadi permasalahan setibanya di arab saudi dan selama melaksanakan ibadah haji.


Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto minta kepada jajaran Imigrasi Palembang untuk berikan pelayanan terbaik untuk jemaah calon haji pada saat berangkat maupun Kembali.


“Lakukan koordinasi yg baik dengan pemangku kepentingan di asrama haji maupun di Bandara,“ ujar Kakanwil Harun (Andri)

466 tampilan0 komentar