top of page

Kapolda Pantau Arus Lalu Lintas Melalui RTMC Ditlantas Polda Sulut

MANADO - analisapost.com | Pada Selasa (5/3/2024) pagi, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Yudhiawan bersama dengan Wadirlantas AKBP Yudi Kristanto dan Kasat PJR turut meninjau Ruang Regional Traffic Management Centre (RTMC) Ditlantas Polda Sulut. Kunjungan ini bertujuan untuk memantau secara langsung aktivitas petugas RTMC yang tengah mengawasi dan memantau arus lalu lintas di jalan raya melalui layar monitor.

Kapolda Pantau Arus Lalu Lintas Melalui RTMC Ditlantas Polda Sulut
Kapolda Pantau Arus Lalu Lintas Melalui RTMC Ditlantas Polda Sulut (Foto: Istimewa)

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda memberikan arahan kepada petugas piket RTMC untuk selalu siap siaga dalam pelaksanaan tugas mereka. "Piket RTMC harus siap 24 jam dengan sistem shift. Polwan bertugas pada piket pagi dan siang hari, sementara Polki bertugas pada piket malam. Petugas harus tetap aktif pada jam-jam sibuk, terutama pada rentang waktu antara pukul 06.30 hingga 07.30 pagi dan pada jam 17.00 hingga 19.00 Wita," ujar Kapolda.


Kapolda juga menekankan pentingnya pengaturan lalu lintas jalan raya yang maksimal guna melancarkan arus lalu lintas dan mengurangi kemacetan. "Kehadiran petugas Kepolisian di lapangan sangat diharapkan oleh masyarakat, terutama pada saat-saat rawan kemacetan," tambahnya.


Dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas, RTMC Ditlantas Polda Sulut memiliki peran yang strategis. Melalui pengawasan secara real-time melalui layar monitor, petugas RTMC dapat dengan cepat menanggapi setiap perubahan dalam kondisi lalu lintas dan memberikan arahan yang diperlukan kepada petugas di lapangan.


Selain itu, RTMC juga merupakan pusat informasi lalu lintas yang penting bagi masyarakat. Dengan memberikan informasi tentang kondisi lalu lintas, penyimpangan rute, dan situasi kecelakaan, RTMC membantu masyarakat untuk mengambil keputusan yang tepat saat berada di jalan raya.


Diharapkan, dengan keterlibatan aktif RTMC Ditlantas Polda Sulut dan kesadaran petugas dalam menjalankan tugasnya, arus lalu lintas di Sulawesi Utara dapat terjaga dengan baik, sehingga kecelakaan dan kemacetan dapat diminimalisir. Kapolda juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas demi keselamatan bersama.(Onal)

31 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page