Kejaksaan Akan Berupaya Menggunakan Asas Dominus Litis Bagi Pengguna Narkoba

Diperbarui: 20 Jan

SURABAYA - analisapost.com | Masyarakat Peduli Anti Narkoba Jawa Timur ( MAPAN JATIM) menyelenggarakan Acara Talk Show dengan tema " Kejaksaan sebagai Dominus Litis" di Grand City Mall Jl. Walikota Mustajab No. 1 Ketabang Surabaya. Jawa Timur, Selasa 18 Januari 2022.

Kegiatan talk show di Grand City (Foto: Charles)

Kegiatan Talk Show tersebut dihadiri oleh Dr. Darmawel Aswar. SH.,MH ( Dirut Kejaksaan Agung RI) (Zoom) , I Ketut Dedi Kasna. SH ( Kajari Tanjung Perak). Sulfikar. SH ( Kejaksaan Tanjung Perak ).


Dr. Darmawel. SH.MH menjelaskan tentang peran kejaksaan jadi dominus litis agar bisa di jalankan oleh kejaksaan seluruh Indonesia agar para pengguna narkoba ini bisa di rehabilitasi.


Disisi lain I ketut Dedi Kesna Kajari Tanjung Perak menjelaskan, "Keberhasilan menjalankan tugas Asas Dominus Litis yang dimana keberhasilan Kejaksaan tanjung perak memberikan sebuah tututan Rehabalitasi terhadap pengguna narkoba dan di setujui oleh hakim."


Harapan untuk kejaksaan dan kepolisian kedepannya lebih melakukan restorative justice, dan untuk rehabilitasi, siapapun bisa rasakan tidak memandang golangan. Selain itu Kejaksaan ingin setiap masyarakat bisa berperan aktif untuk melaporkan bila ada pengguna narkoba agar bisa di rehabilitasi." Ujar Bapak Nugroho dari Kejati Jawa Timur bidang Pidana Umum.


Dari kemenkumham memberikan data untuk Pengguna nakoba kurang lebìhnya 17 ribu yang berada di lapas seluruh Jawa Timur, dimana harapan untuk kejaksaan terus menggunakan Asas Dominus Litis untuk setiap segala putusan kepada pengguna Narkoba", Ungkap Titis Sari.


Sedangkan dari Ketua DPRD Jatim Kusnadi menyampaikan sebagai perwakilan kebijakan itu ada ditiap Kabupaten. Yang penting regulasinya yang harus segera dibuat. Dan alangkah baiknya pengguna narkoba itu rebah. Ingat kita tidak membahas gratis atau tidak. Tetapi yang utama siapa penggunanya.tuturnya.(Rza)


9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua