Kembalinya Musik Underground di Kota Surabaya

SURABAYA - analisapost.com | Seakan Musik Underground tidak ada habisnya, yang dimana event musik Underground sudah beberapa tahun tidak terdengar di telinga para Metalhead Surabaya salah satunya Surabaya Extreme Metal (SEM).


Foto : istimewa

Jika dirunut mengenai cikal bakal Surabaya Extreme Metal, sebenarnya sudah mulai ada sejak tahun 2001. Namun saat itu, belum memiliki nama. Karena masih sebatas beberapa orang penggemar musik Black Metal yang ngumpul bareng di wilayah Surabaya barat, salah satunya Anton Mesmeric penggagas komunitas SEM.


Foto : istimewa

Beberapa ada dari anggota band Mesmeric, Nicronomodez, The Church of Satan, Filthy, dan lainnya. Yang akhirnya vakum beberapa waktu. Kemudian, 4 orang dari mereka kembali berkumpul di sekitar Wisata Bukit Mas, Wiyung. 


Saat itu tahun 2003, dimana tujuan pada waktu itu dari yang hanya sekedar ajang ngumpul-ngumpul para penggemar musik metal Surabaya, pada akhirnya justru memberi wadah untuk mereka bisa berkarya bersama, ujarnya, Sabtu (5/3/2022)


Anton mengatakan, saat itu tahun 2003 banyak band-band Metal hebat dari surabaya yang terlahir dari komunitas SEM, kata dia, kata anton, pada waktu itu Musik metal berkembang pesat dan komunitas juga memiliki massa yang cukup besar di Kota Surabaya.


Sebagaimana layaknya sebuah komunitas atau grup, tidaklah mudah menyatukan pemikiran dari banyak kepala. Banyak ide dan karya bermunculan. Bersamaan dengan itu, mulai banyak juga terjadi gesekan diantara sesama anggota komunitas.


Anton menduga, Hierarki yang kurang jelas memungkinkan terjadinya hal tersebut. Namun, itu semua tidak membuat S.E.M surut. Semangat untuk terus bangkit dari S.E.M membuat mereka yang masih memiliki jiwa militant dalam naungan Surabaya Extreme Metal melontarkan ide-ide melalui event-event yang akan di gelar oleh S.E.M. ke depannya.


Rupanya, semangat SEM belum mati. Ada wacana dan langkah lebih matang yang akan diambil oleh Surabaya Extreme Metal ke depannya. 

"Tentunya hal tersebut membutuhkan support full dari seluruh anggota komunitas. Harapan ke depannya tentu saja, tidak ada lagi kepentingan pribadi yang mengatasnamakan komunitas," ungkap Anton.


Sebagai awal, event reuni musik Undergound akan di gelar untuk menyatukan kembali pecinta musik Metal maupun komunitas yang ada di wilayah Surabaya dan luar kota. Kata Antn murni dari gagasan komunitas.


“Kami sangat berharap support dari teman-teman jika ada event nanti, karena ini adalah event kebangkitan SEM kembali. Bukan event milik individu atau perorangan, tapi ini benar-benar murni acara kolektif dari teman-teman komunitas Surabaya Extreme Metal (SEM) semua,  ayo rek reuni-an, ayo support musik metal lokal konco dewe,” ujar Anton.


“Harapan kami, lupakan semua masalah yang pernah terjadi diantara anggota komunitas. Mari kita kembali berkarya bersama. Kita membangun SEM dengan lebih sehat. SEM tidak akan sebesar ini tanpa kalian. Karena, besarnya komunitas juga berasal dari besarnya support setiap anggotanya, tanpa kecuali. Setiap individu dalam Surabaya Extreme Metal itu bernilai,” lanjutnya.


Kata Anton, “Keberagaman latar belakang, sifat, cara berpikir, seharusnya semakin membuat Surabaya Extreme Metal menjadi lebih kaya.


"Menjadi Unity in Diversity, dalam keberagaman, namun tetap satu. Semangat itu yang akan berusaha terus digaungkan S.E.M. kedepannya," tandasnya.(Pitit Ika/Rza)

70 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua