Ketika Air Terjun Paling Romantis Di Dunia Diresmikan

Editor : Redaksi


Gerakan Sadar Sejarah

Respect The Past - Create The Future

Oleh: Ns. PanjiKu

Pada 22 Mei 1762, Air MancurTrevi secara resmi dibuka dan diresmikan oleh Paus Clement XIII di Roma, Italia. Air MancurTrevi adalah salah satu air mancur terindah dan terkenal di dunia. Nama air mancur ini diambil dari lokasi tempat air mancur ini berada, yaitu dipersimpangan tiga jalan (trevie). 3 jalan yang dimaksud adalah :

  1. Jalan De 'Crocicchi.

  2. Jalan Poli.

  3. Jalan DelleMuratte

Dalam pembangunannya, Air Mancur Trevi memerlukan waktu 133 tahun yang dimulai perancangannya oleh arsitek Nicola Salvi & diselesaikan oleh arsitek Giuseppe Pannini. Pada akhir pembangunannya, Air Mancur Trevi memiliki dimensi tinggi 26,3 meter & lebar 49,15 meter.

Air Mancur Trevi memiliki mitos yang terkenal yaitu dengan melemparkan koin ke dalam kolam dengan tangan kanan diatas bahu kiri, maka akan mendapatkan keberuntungan. Keberuntungan yang dimaksud adalah :

  1. Jika seorang wisatawan melempar 1 koin maka pelempar akan kembali ke Roma.

  2. Jika seorang wisatawan melempar 2 koin maka pelempar akan jatuh cinta pada seseorang yang rupawan.

  3. Jika seorang wisatawan melempar 3 koin maka pelempar akan menikahi jodohnya di Roma.

Diperkirakan ada sekitar 3.000 Euro yang dilemparkan ke dalam kolam Air Mancur Trevi setiap harinya. Uang itu digunakan untuk membantu warga yang membutuhkan untuk berbelanja kebutuhan di supermarket di kota Roma.

Karena begitu terkenalnya mitos ini, Air MancurTrevi juga muncul di beberapa film terkenal, seperti :

  1. Roman Holiday (1953)

  2. FedericoFellini 's La Dolce Vita (1960)

  3. The Lizzie McGuire Movie (2003).

Tak hanya muncul dalam beberapa film terkenal, kepopuleran Air Mancur Trevi sebagai tempat yang romantis juga muncul dalam video clip lagu milik Bon Jovi yang berjudul Thank You For Loving Me.

Keindahan Air MancurTrevi sempat ternoda oleh aksi vandalisme yang dilakukan oleh GrazianoCecchini pada 19 Oktober 2007. Aksinya itu membuat warna air dalam kolam Air MancurTrevi menjadi merah. Ia mengulangi aksi serupa pada 26 Oktober 2017.

Secara audio visual, artikel ini dapat diakses pada link berikut (menit ke 01:47 - 04:40)

https://www.youtube.com/watch?v=YHwFbKhgGFE


Itulah salah satu sejarah yang terjadi pada 22 Mei, sejarah lain yang terjadi pada tanggal yang sama (22 Mei) dari waktu ke waktu, terangkum dalam 1 menit pada link berikut :

https://www.youtube.com/shorts/0HKPEbahUoU


Semoga Bermanfaat


830 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua