Kiat PPIH Bangkalan Wujudkan Jemaah Haji Sehat Dan Mabrur

Diperbarui: 18 Jun

BANGKALAN - analisapost.com | Pemerintah kabupaten Bangkalan melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) berintegrasi dengan dinas kesehatan setempat berupaya terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada jemaah haji yang akan diberangkatkan.

Sebanyak 330 jemaah haji Bangkalan yang akan diberangkatkan pada hari Minggu lusa (19/6) dengan kloter 22 ditambah 114 jemaah asal Sidoarjo dipastikan sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.


Dalam upayanya pemkab Bangkalan telah menyiapkan 4 petugas PPIH yang akan memberikan pelayanan kepada para jemaah mulai pemberangkatan hingga pulang ke tanah air sesuai dengan harapan yaitu ‘Wujudkan jemaah haji yang sehat dengan menjadikan haji yang mabrur.


”Selama empat puluh hari terhitung mulai dari pemberangkatan hingga pulang, setiap harinya kami terus mengawasi para jemaah, memasuki pesawat sampai pemondokan di hotel dipastikan jemaah kondisinya fit ” Ungkap Abdul Kadir Jailani salah satu paramedis Tim kesehatan dari puskesmas Tanah Merah.


Kadir sapaannya menjelaskan, 4 orang petugas PPHI Bangkalan yang ditugaskan yaitu 2 orang dari kementerian agama sebagai pemandu dan 2 orang lagi dari kementerian kesehatan yang terbagi 1 orang dokter dan seorang paramedis.

Lebih lanjut Kadir mengatakan dalam tugasnya sebagai paramedis, dalam memberikan pelayanan kesehatan pihaknya terus memantau para jemaah dan melakukan pemetaan terhadap jemaah yang memiliki status resiko tinggi untuk lebih fokus dalam penanganannya.


”Kami melakukan penggolongan dari jemaah yang berusia di atas 60 tahun, usia 60 tahun dengan penyakit bawaan, serta usia dibawah 60 tahun dengan dua atau lebih memiliki penyakit bawaan ” Urainya saat ditemui media (Jumat, 18/6).


Hal itu bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan jemaah pada saat melakukan ibadah haji terutama pada saat pelaksanaan di ARMUSNA (Arofah, Musdalifah, Mina) sebagai puncak ibadah haji.


”Kami sebagai petugas haji tetap berpegang teguh kepada visi yaitu melayani, membimbing, dan melindungi jemaah haji dengan slogan jangan tunggu haus, harus sesering mungkin untuk minum ” Pungkasnya.


Kadir berharap semoga semua jemaah haji Bangkalan beserta petugas yang ada dapat kembali dengan selamat dan menjadikan ibadahnya sebagai haji yang mabrur (MzL)



Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#ibadahhaji #PPIH

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua