Kinerja Kadis Satpol PP Pohuwato Diminta Dievaluasi


Foto : istimewa

GORONTALO - analisapost.com | Salah satu warga pengguna jalan, Ahmad (34) meminta Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga untuk mengevaluasi kinerja kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP) Pohuwato, Sumitro Monoarfa.


Menurutnya, kinerja kadis Satpol PP Pohuwato itu dinilai tidak mampu menjalankan dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Tentang hewan lepas.


"Tanaman yang ada dimuka Disdik Pohuwato itu sudah dimakan oleh hewan ternak (Kambing) lepas yang berkeliaran di sekitar Kantor Disdik tersebut. Keberadaan Satpol PP harus ada dan mendukung program pemerintah," ujar Ahmad.


Kata dia, keberadaan hewan lepas tersebut diakibatkan kurangnya penegakan Perda oleh pihak Satpol PP Kabupaten Pohuwato.


"Ini karena tidak tegasnya Satpol PP dalam menegakan Perda. Seharusnya pemilik hewan ternak lepas ini diberikan denda dan sanksi yang tegas," imbuhnya.


Disisi lain, Ia juga meminta kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Pohuwato untuk dapat mengevaluasi kinerja Kepala Satpol PP Pohuwato tersebut.


"Kami minta beliau (Kasatpol PP) dievaluasi. Karena kami nilai beliau sudah tidak mampu lagi menjalankan dan menegakan Perda," imbuhnya.


Terpisah, Kepala Satpol PP Kabupaten Pohuwato, Sumitro Monoarfa menegaskan bahwa pihaknya nanti akan menyita kembali hewan lepas yang berkeliaran di kawasan perkantoran Kabupaten Pohuwato.


"Hewan ternak lepas itu nanti akan kita sita lagi. Jadi tidak ada lagi intervensi-intervensi dari siapapun dan silahkan bayar dulu dendanya," katanya.


Terkait dengan penyitaan hewan lepas itu, kata Sumitro dirinya mendapat dukungan langsung dari Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga.


Selain itu, Sumitro pun mengaku, tanaman yang berada di kawasan kantor Dinas Pendidikan Pohuwato itu nantinya akan kita perbaharui kembali.


"Karena ada pengadaan di DLH melalui DPR untuk penataan tanaman tersebut.


"Itu nanti dikerjakan setelah selesai pekerjaan drainase dan pengaspalan yang sekarang lagi berlangsung. Karena target tahun depan itu pembangunan adipura," tandasnya.(Zebal)

79 tampilan0 komentar