top of page

Komitmen Unusida Memerdekakan Anak Didik Dalam Belajar

Diperbarui: 4 Nov 2022

SIDOARJO - analisapost.com | Keluarga merupakan lingkungan pertama yang ditemui anak sejak mereka lahir ke dunia. Lingkungan keluarga pertama adalah Ayah, Ibu dan anak itu sendiri. Hubungan ini merupakan hubungan timbal balik dimana bisa berinteraksi di dalamnya.Sabtu (15/10/22)

Oleh karena itu, tidak mudah mendidik anak. Butuh waktu dan pendalaman karakter. Apalagi di era serba maju ini informasi begitu mudah di dapatkan.


Sehingga dalam mendidik harus hati-hati. Jika tidak, bisa menjadi bumerang bagi para guru. Oleh sebab itu kurikulum merdeka belajar sangat bagus di terapkan. Dimana guru nantinya dapat mengajar sesuai tahapan, capaian dan perkembangan peserta didik.


Hal tersebut yang mendasari Universitas Nahldatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar kegiatan pembelajaran smart parenting bagi tenaga pendidik anak usia dini di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan secara Hybrid Learning, di Hall Unusida serta Zoom Meeting, Selasa (04/10/2022).


Kegiatan yang diikuti 163 tenaga pendidik anak usia dini dilaksanakan dengan tujuan membantu mengembangkan kemampuan dan potensi anak salah satunya adalah diadakannya kegiatan yang menyinergikan antara pendidik PAUD dengan orang tua melalui program pendidikan orang tua (parenting education) seperti ini.

Rektor Unusida, Dr. H. Fatkul Anam M.Si (Foto: Div)

Seperti yang disampaikan oleh Rektor Unusida, Dr. H. Fatkul Anam M.Si. mengatakan," Dalam kegiatan ini kita ingin memperkenalkan product baru kita di Unusida yaitu program studi (prodi) baru Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Yang kedua kita menggundang semua lembaga pendidikan dengan tema Anak hebat lahir dari orang tua yang terlibat." ujarnya.


"Bagi kami program smart parenting adalah bentuk kegiatan informal yang dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak di kelompok bermain dan di rumah. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara maksimal dengan peran orang tua maupun lembaga pendidikan terkait." jelas Fatkul Anam kepada awak media Analisa Post.


Sementara Trainer Spiritual Parenting, M. Ruman Nasruddin M.Pd.I menyampaikan, "Saya sangat bahagia bisa bersinergi dengan Unusida dalam rangka mengadakan kegiatan parenting dengan tema luar biasa." ujarnya


"Anak hebat itu berasal dari orang tua yang hebat. Sebagai orang tua, apapun profesi dan kesibukan kita, harus punya kepedulian didalam mengawal proses pendidikan anak-anak supaya anak-anak menjadi anak hebat." jelas Rusman yang menjadi narasumber.

Trainer Spiritual Parenting, M. Ruman Nasruddin M.Pd.I (Foto: Div)

Menurutnya peran orang tua sangat penting sehingga tidak sepenuhnya berharap pada lembaga PAUD saja untuk mendidik anaknya, tetapi kontribusi orang tua juga sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak sebab orang tua merupakan guru pertama bagi anak.


Memilih pola mengajar yang sesuai dengan keinginan siswa adalah hal yang sangat penting agar apa yang ingin disampaikan bisa diterima dan kemampuan anak bisa ditumbuh kembangkan.(Che/Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#UniversitasNahldatulUlamaSidoarjo #unusida #parentingeducation

116 tampilan0 komentar
FLayer web.png
bottom of page