top of page

Kondisi Pasar Tradisional Tommo 6 Semrawut Dan Tidak Terurus

MAMUJU - analisapost.com I Pasar Tommo 6 terletak di Desa Rantemario kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju Sulbar menjadi pasar yang terbilang kumuh dan semrawut. padahal pasar Tommo 6 adalah pasar cukup padat pengunjung walaupun di gelar cuma Sekali dalam seminggu.(28/4/23).

Foto:Ancha, Pasar Tommo 6 parkirnya semrawut

Pasar Tradisional ini jadi semrawut dan kumuh karena sampah berserakan dimana - mana tak hanya itu atap los sudah banyak yang bocor sehingga saat hujan turun lantainya pasti basah dan kotor.


Berdasarkan pantauan awak media terlihat sampah plastik di buang sembarangan. Selain itu lapak jualannya tidak layak digunakan membuat para pedagang takut berjualan.

Foto:Acha, pasar Tommo 6

Bahkan pedagang sudah ada menggelar tikar di tanah untuk berjualan dan sebagian lagi berjualan di pinggir jalan akibatnya jelas dapat memicu kemacetan. Saat hujan mereka terpaksa menutup daganganya karena kondisi tanah becek serta banyak air yang tergenang.


Salah satu penyebab pasar jadi semrawut disebabkan tidak adanya pihak pengelolah yang mengatur sehingga meja dan los atau perlengkapan pasar tidak terawat akhirnya jadi lapuk dan hancur.


Salah satu pengunjung pasar Bapak Farid mengungkapkan,"seharusnya dalam kondisi yang sudah seperti ini pihak pemerintah harus turun tangan mengingat ini tempat jual beli membuat banyak para pengunjung yang datang. Apalagi dipasar ini ada beberapa penduduk desa menjadikan tempat ideal untuk transaksi seperti Desa Kakulasan, Desa Tamejarra, Desa Campaloga Dusun salu Manu bahkan dari Desa Buana Sakti pun berkunjung ke sini. Untuk itu kami berharap agar para pemangku kebijakan bisa memperhatikan pasar ini," terangnya.


" Ia katakan kondisi pasar tradisional sudah lama begini namun belum ada perhatian dari pemerintah apa lagi pasar tommo 6 ini termasuk salah satu pasar tertua di Tommo imbuhnya.


"Yang paling utama adalah pembentukan kepala pasar atau pengelolah pasar mengingat para pedagang harus ada yang arahkan termasuk parkiran setiap hari pasar pasti macet karena baik motor maupun mobil parkir dipinggir jalan

tutupnya.(Hamzah ancha)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

73 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page