top of page

Kontes Robotika Picu Semangat Kecerdasan Anak Milenial

Editor: Divna Reporter: Charles


SURABAYA - analisapost.com | World Robot Olympiad (WRO) adalah kegiatan Internasional, perlombaan bidang robotika secara global yang dapat diikuti oleh siswa dari sekolah negeri maupun swasta mulai dari tingkat dasar hingga siswa tingkat atas yang di gelar di Main Atrium Grand City Mall Surabaya, pada hari Jumat-Minggu 19-21 Agustus 2022.

World Robot Olymiad (WRO) Indonesia yang digelar di Atrium Grand City Mall Surabaya (Foto: Div)

Dengan tujuan menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreativitas anak, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam dunia nyata, World Robot Olymiad (WRO) Indonesia memberikan wadah bagi peserta khususnya pelajar atau siswa dalam menekuni bidang robotika.


WRO pada tahun 2022 ini dilaksanakan oleh perguruan tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang ditunjuk untuk melakukan perlombaan tingkat nasional, kemudian setelah mendapatkan juara umum nantinya peserta akan melakukan perlombaan tingkat lebih lanjut (Final Internasional) yang akan diselenggarakan pada bulan Nopember 2022 di Dortmund, Jerman. Ada 1 jenis bidang atau kategori pada WRO Indonesia 2022 yaitu: Robomission kategori untuk Entry Level Senior dan Entry Level Robomission.


Tema yang diangkat pada WRO 2022 adalah My Robot My Friend. Robot menjadi semakin penting dalam berbagai bidang kehidupan. Kombinasi robotika dan kecerdasan buatan dapat mengubah dunia dan terutama lingkungan manusia. Pada tema tahun 2022 ini akan mengeksplorasi bidang kehidupan di mana robot akan memainkan peran yang lebih penting di masa depan dan bertindak sebagai teman bagi orang-orang.

Seperti yang disampaikan Ketua Panitia Dwiki Fari Syahbana mengatakan,"Ini even pertama kali even yang diadakan sejak pandemi. Dengan adanya lomba robotik, diharapkan adik-adik bisa mengenal programing robot sehingga saat kuliah mereka sudah mengetahui dan tidak lagi belajar dari nol." ujarnya.


"Ini adalah jenis robot Lego. Disini para peserta merakit sendiri robotnya untuk menjalankan misi tertentu dan disana terdapat program-program khusus. Untuk kategori juara, di tentukan dengan poin tertinggi dan waktu yang tercepat.


"Para peserta dari Robomission Entry Level sebanyak 17 team di bagi menjadi 2 group dan pergroup terdiri dari 3 orang. Robomission Elementary ada 10 team dan dari Junior ada 14 team dan senior ada 6 team." jelasnya kepada awak media Analisa Post.


Dengan adanya kompetisi diharapkan para siswa bisa mulai belajar robotika, bisa mengenal caranya programing robot, sehingga ketika selesai kuliah atau di dunia kerja, sudah tidak asing lagi dan menemukan talenta-talenta terbaik yang akan dipersiapkan di bidang teknologi.(Dna)



Dapatkan Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#ITS #lombalego #lombarobotik #WorldRobotOlympiad

80 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua