Lereng Misterious Jangan Sampai Terlelap Oleh Pandemi
top of page

Lereng Misterious Jangan Sampai Terlelap Oleh Pandemi


Foto : Div (Suasana pagi hari di lereng Gunung Kelud)

Kediri, Analisa Post | Gunung Kelud merupakan gunung api strato andesit yang tergolong masih aktif. Daerah ini berada di Jalan Gunung Kelud, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri terletak di perbatasan Kediri, Blitar dan Malang. Gunung Kelud meletus dahsyat, kamis 13 Februari 2014, pukul 22.50.

Untuk mencapai lokasi Gunung Kelud sangat mudah. Dari pusat kota Kediri mengambil arah timur menuju Wates. Siapapun bisa mencapainya. Namun rute yang paling mudah adalah lewat pusat Kota Kediri.

Sesampainya di Wates, tinggal mencari papan petunjuk arah Gunung Kelud dan lurus lagi ke timur hingga sampai di pintu gerbang kawasan wisata alam Gunung Kelud.


Meskipun Gunung Kelud pernah meletus dan mendatangkan lahar dingin, warga yang tinggal di sekitar lereng gunung, tetap mencintai tanah kelahirannya.


Sekarang sudah mulai dilakukan perbaikan dan pengembangan daya tarik wisata kawasan gunung Kelud. Pengunjung sudah dapat menyaksikan gugusan lereng dan tebing kering yang kini sedikit demi sedikit mulai ditumbuhi tanaman liar.


Agrowisata nanas, Stroberry, Durian, buah Naga Agromulyo mulai dikembangkan dan begitu pula rintisan penjelajahan Kelud Lava Tour.

Foto : Div (Salah satu sungai yang di lewati Lahar dingin saat Gunung Kelud meletus dasyatpada tahun 2014)

Tidak hanya itu, sebelum sampai menuju puncak, di tengah perjalanan wisatawan akan disajikan dengan fenomena alam yang unik yakni Misterious Gunung Kelud. Dimana jika kendaraan dihentikan pada posisi gigi netral, kendaraan tetap bisa bergerak mundur.


Sebelum memulai pendakian, ada baiknya beristirahat di warung atau tempat parkir yang sudah disediakan. Di tempat rehat, ada para pedagang yang menjual aksesoris seperti gelang, topi, kacamata dan bunga.


Disana juga bisa menyewa fotografer dengan spot foto yang menarik dan bisa langsung dicetak hanya dengan membayar Rp. 10.000 – Rp. 15.000 saja, tergantung bagaimana pandai menawar.


Dari anak gunung kelud, sudah bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan dan eksotis sekali. Momen yang wajib diabadikan dalam memori kalian dan tentunya ponsel kalian disiapkan, jangan sampai dilewatkan. Sayang jika terlewatkan banyak momen bisa diambil.


Tips yang sangat penting untuk yang tertarik berkunjung ke Gunung Kelud adalah stamina dan kondisi tubuh. Selain itu jangan lupa mempertimbangkan waktu keberangkatan. Jika ingin berlama-lama dan menikmati semua wisata yang ditawarkan, sebaiknya datang pada pagi hari. Dan yang tak kalah penting adalah barang-barang pribadi yang sekiranya butuhkan, seperti baju hangat, masker, syal dan obat-obatan.


Sekarang sejak adanya pandemi, tak lagi terlihat wisatawan berkunjung kesana. Yang ada hanya orang-orang lokal karena mereka memang tinggal dan hidup di daerah gunung Kelud. Walau demikian, mereka semua tetap harus menjalakan tugasnya untuk kelangsungan hidup mereka. Apakabar lereng Misterious ?? akankah kisahmu terlelap oleh pandemi. (Dna)

bottom of page