top of page

Lions Club Gelar Peace Poster Contest Bertema "Lead With Compassion"

Diperbarui: 31 Okt 2022

SURABAYA - analisapost.com | Lebih dari 150 anak menyuarakan pesan damai untuk semua melalui kreativitas mereka dalam menggambar poster yang digelar Lions Club International di Oval East Atrium Ciputra World 2 pada hari Minggu (30/10/22)

Toni Suparman sebagai Gubernur Distrik Lions Club International 307 B2 Indonesia Lions, Evelyn M.Wijaya sebagai PO wilayah 4-5-6 District 307 B2 di Surabaya (Foto: Div)

Peserta yang terdaftar di wilayah 4-5-6 District 307 B2 mengadakan lomba menggambar poster mulai usia 11 tahun hingga 13 tahun.


Mereka menuangkan pesan damai dengan menyertakan simbol-simbol burung, tempat ibadah, tokoh pemimpin, tokoh agama, dan persatuan dengan ragam profesi.


Menurut Evelyn M.Wijaya sebagai Project Officer (PO) wilayah 4-5-6 District 307 B2 di Surabaya. Peace Poster Contest (PPC) ini diadakan setiap tahun secara serentak diseluruh dunia. Kini Lion berada di hampir 220 negara.


"Anak-anak yang berhak untuk ikut lomba Peace Poster Contest adalah anak-anak usia 11-13 tahun. Karena Lions Club menilai mereka sudah paham menggambar poster perdamainan sebab misi ini sangat penting." ujar Evelyn


"Saya ingin kalau semua orang di seluruh dunia ini walau berbeda latar belakang suku, dan agama, tetap harus bersatu."papar wanita cantik ini di atas panggung saat dikonfirmasi oleh awak media.

Ketua Komnas Perlindungan anak Surabaya, Syaiful Bachri mendampingi salah satu peserta (Foto: Div)

Ia mengatakan, melalui perlombaan ini, Lions Club International ingin mengajak anak-anak untuk memahami perdamaian itu apa. Karena kasih sangat dibutuhkan sebagai sumber kepemimpinan.


Disampaikan juga untuk pemenang lomba dari tingkat Distrik, kemudian akan dikirimkan untuk diperlombakan di tingkat Multi disitrik. Demikian untuk pemenang di tingkat Multi Distrik akan menjadi wakil Indonesia untuk di lombakan lagi pada tingkat Internasional.


Sementara Toni Suparman sebagai Gubernur Distrik Lions Club International 307 B2 Indonesia Lions menambahkan,"Melalui karya seni ini, mereka akan mengekspresikan pendapatnya tentang perdamaian. Anak-anak biasanya lebih jujur mengutarakan perasaan mereka. Mereka bisa mengeksplorasi sendiri."jelasnya kepada awak media Analisa Post saat di tanya secara terpisah.


"Untuk pemenangnya dipilih yang paling sesuai dengan tema. Kreteria selanjutnya baru soal kerapian, warna dan lainnya." tutupnya mengakhiri.

Dalam kesempatan ini, tema yang diambil adalah 'Lead With Compassion'. Peserta dibebaskan untuk mengexpresikan karyanya sesuai dengan versi masing-masing diatas kertas 50 cm x60 cm.


Sebuah poster dinilai dari kreasi yang original (keaslian) bernilai seni, unik sesuai tema poster yaitu "Lead with Compassion". Media yang digunakan adalah semua media bisa diterima seperti crayon, pastel, cat air, cat poster, hanya untuk kapur dan pastel harus disemprot dengan clear vamish supaya tidak luntur. Sebuah karya tidak boleh dilaminating, dilipat dan menambahi kata-kata tertentu pada Poster.


Hadiah yang akan di berikan bagi pemenag adalah:

Juara 1 Rp. 800.000

Juara 2 Rp. 700.000

Juara 3 Rp. 600.000

Juara harapan 1 Rp. 400.000

Juara Harapan 2 Rp. 300.000

Juara Harapan 3 Rp. 200.000


Lionel, salah satu perserta dalam lomba tersebut menceritakan. Memilih latar belakang berwarna biru muda, ia mengekspresikan perdamaian dengan menggambar presiden Jokowi, Viadimir Viadimirovich Putin dan rumah ibadah.

Bu Iis Hendro hadir sebagai Dewan Konsultatif Komnas Anak kota Surabaya (Foto: Ist)

Lionel menggambar seorang pemimpin yang berbeda dan semuanya menunjukkan ekspresi tersenyum atau tertawa. Saat ditanya, ia hanya menjawab,"Saya ingin mengembangkan kreativitas dan bakat." ujarnya polos.


Kegiatan ini juga dihadiri Bu Iis Hendro sebagai Dewan Konsultatif Komnas Anak kota Surabaya dan di sambut meriah oleh para peserta. (Dna/Che)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#PeacePosterContest (PPC) #LionsClub #CiputraWorld #GubernurDistrikLionsClub307B2Indonesia

224 tampilan0 komentar