Majelis Rotib dan Sholawat Annur Merayakan Maulud Nabi Muhammad SAW.



Foto : Dokpri

Bojonegoro - analisapost.com | Peringatan maulud Nabi Muhammad SAW menjadi momentum bagi umat islam untuk menjalin silaturahmi dan mensyukuri kelahiran Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat bagi alam semesta.


Maulid Nabi merupakan tradisi umat islam yang biasa di selenggarakan pada bulan Robiul Awal dalam penanggalan Hijriyah seperti pada hari ini rabu wage 13 Rabiul Awal 1443 Hijriyah yang bertepatan tanggal(20 /10/2021).


Majelis Rotib dan Sholawat "ANNUR" jln Gajah Bolong Desa Kauman Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro melakukan peringatan Maulud Nabi Muhammad Saw, dengan berbagai acara yaitu dzikir, doa bersama dan di teruskan dengan sholawatan kemudian acara inti di isi dengan tauziyah dengan pembicara : Habib Idrus bin Muhammad Alydrus (Ketua Majelis Rosululloh Jawa Timur) dan Habib Anis Shahab  (Jakarta).



Foto : Dokpri

Dalam momentum perayaan Maulid Nabi umat Islam dapat  memetik dengan memahami ahklak terpuji dalam kisah teladan nabi muhammad saw dan dapat mempraktekan sifat sifat terpuji yang bersumber dari Nabi Muhammad Saw merupakan salah satu tujuan dengan di utusnya Nabi Muhammad Saw untuk umat Islam.


Nabi Muhammad Saw dilahirkan di Mekkah dari Ibu yang bernama Aminah dan ayah bernama Abdullah Nabi Muhammad Saw lahir pada tanggal 12 Rabiul awal pada tahun gajah pada saat itu terjadi peristiwa tentara bergajah yang menyerang Mekkah, yang bertepatan dengan tahun 571 dalam kalender Romawi.


Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di gelar setiap tahunnya untuk mengenang warisan atau peranan nabi muhammad saw semasa hidupnya,selain mewarisi Al quran, Hadits dan Sunah juga mewarisi ahklak terpuji yang juga menjadi keutamaan.


Sebagai mana Nabi Muhammad Saw pernah menyampaikan

"Aku tidak lain di utus untuk menyempurnakan ahklak"

Dan Allah swt mengutus Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat bagi alam semesta, sebagaimana firman Allah swt dalam Al quran Surat Al Anbiya ayat 107 "Dan tiadalah kami mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.


Harapannya dalam momen perayaan maulud nabi ini kita dapat meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad Saw dan cinta kepada para sahabat nabi, keluarga nabi dan anak cucu nabi dan semoga kelak kita mendapatkan safaat nya.


Dalam hal memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw juga bisa di lakukan dengan sejumlah cara seperti :


1.Memperbanyak Sholawat dan doa untuk junjungan umat Islam yakni nabi muhammad saw.                             

  

2.Meneladani kisah dan sifat Nabi Muhammad Saw.


3.Mendekatkan diri kepada Allah Swt dan Rosulullah.


4.Menyantuni anak yatim.


5.cinta kepada nabi Muhammad saw dengan bukti cinta kepada anak cucu , duriyah nabi Muhammad.


Dengan adanya peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw supaya dapat menambah kekuatan iman kita kepada Allah Swt bahwa "tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah Rosul Utusan Allah.(Tom)

105 tampilan0 komentar