Melirik Wisata Pemukiman Kuno Yang Terkubur di Temanggung

Diperbarui: 1 Nov 2021

TEMANGGUNG - analisapost.com | Temanggung merupakan sebuah kabupaten kecil berada di provinsi Jawa Tengah yang memiliki tempat wisata patut untuk dikunjungi. Selama ini Temanggung kurang banyak dilirik tidak seperti Magelang, Wonosobo dan juga Semarang. Namun walaupun demikian, Kota kecil ini mempunyai tempat wisata alam dan sejarah yang pantas di telusuri salah satunya Liyangan. Minggu (31/10/21)

Foto : Div (Situs Liyangan yang terdapat di lereng timur gunung Sindoro)

Liyangan merupakan sebuah perdusunan di zaman Mataram Kuno yang banyak ditemukan bentuk bangunan rumah panggung dari kayu yang telah menjadi arang dan berbagai artefak berlokasi di Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah di lereng timur Gunung Sindoro. Situs ini terkubur diatas lahan pertambangan pasir milik warga. Penemuan artefak disini telah ada sejak lama yang menjadi sebuah situs mengangumkan karena menjadi pertanyaan-pertanyaan besar yang belum terungkap tentang kehidupan masa lalu.


Penduduk lokal Ngandirejo juga sangat ramah terhadap wisatawan. Selain itu ada perkebunan teh dengan jalan yang lebar.

Foto : Div

Fasilitas

Untuk fasilitas wisata yang ada di Situs Liyangan, kita bisa melihat area parkir kendaraan, Mushola, Kamar Mandi/MCK, penginapan. Meskipun fasilitas ada, kita harus tetap rencanakan dengan matang ketika mengunjungi tempat wisata ini dan cek perbekalan yang di bawa.


Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Temanggung, sudah tentu tidak binggung untuk datang ke ke lokasi wisata Situs Liyangan di Ngandirejo Temanggung Jawa Tengah, akan tetapi bagi wisatawan yang diluar kota, tentu binggung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir semua ada solusinya.


Bagi wisatawan yang ingin datang menggunakan mobil atau motor, bisa minta panduan arah ke wisata Situs Liyangan karena pasti sangat menyenangkan daripada menggunakan kendaraan umum.


Akan tetapi jika menggunakan kendaraan umum seperti bus atau angkutan lainnya, tetap bisa menjadi referensi. Tetapi kendaraan umum kendala nya sering berhenti di terminal atau di desa yang di tuju kemudian setelah itu baru melanjutkan dengan ojek atau pun kendaraan pribadi dari pemandu menuju lokasi.

Foto : Div (Lokasi Kampung Peradaban)

Saran dan Tips


Saran dan tips bagi wisatawan yang ingin menuju ke tempat wisata Liyangan di Ngandirejo Temanggung adalah perlu mempersiapkan keperluan yang akan dibutuhkan. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera bagi yang suka mengabadikan moment, bawa jas hujan, sarung tangan, perlengkapan kesehatan seperti sabun, tisu basah, sampo, antiseptik, minyak gosok, handsaplas, perban, dan obat merah.


Untuk fisik jangan tidur terlalu malam, cek mobil atau motor kendaraan yang akan di bawa. Apakah kendaraan yang di pakai mampu untuk menaiki jalan yang berliku-liku dan naik turun gunung. Bila perlu rubah setelan motor untuk perjalanan ke bukit atau gunung bagi yang suka menggunakan motor. Selalu cek bensin karena lokasi pom mini jaraknya agak jauh. Dengan memperhatikan hal-hal ini, tentu saja berjalan dengan lancar.(Dna)


#permukimankuno

#wisatapermukimankuno

#situsliyangan

#wisatasejarah

#wisatatemanggung



1.067 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua