top of page

Membangun Komunikasi Orang Tua dan Anak Melalui Class Parenting di SDN Kalikedinding

SURABAYA - analisapost.com I Hubungan anak dan orang tua sering kali mengalami kendala. faktor utama biasanya soal komunikasi yang sulit di pahami. Sehingga Parenting merupakan metode yang tepat bagi orang tua dalam pembentukan karakter anak.

Plt Kepala Sekolah SDN Tanah Kalikedinding 1, Yus Suseno (Foto: Div)

Seperti yang dilakukan sekolah SDN Tanah Kalikedinding 1 jl. Kalilom Lor Indah No 1-3, Kecamatan Kenjeran Surabaya pada hari Sabtu (19/11/22) ini mengambil tema "Peran Orang Tua, Dalam Proses Merdeka Belajar, dengan pemateri dari Komnas Perlindungan Anak Surabaya, Syaiful Bachri,SP dan Paud Institute Surabaya, Tuti Purwaningsih.


Menurut Ketua Komnas, Parenting bukan hanya sekedar mengasuh anak, namun orang tua harus mendidik, membimbing, dan melindungi setiap perkembangan anak.


"Tujuan parenting adalah meningkatkan kesadaran orang tua bahwa mengasuh anak perlu pengetahuan dan tidak boleh sembarangan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam hal pengasuhan, mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah." ujarnya.


"Kami juga mengupas masalah pada anak susah diatur, ngeyel, tidak mandiri, kecanduan game, hingga bullying, ketertarikan lawan jenis. Permasalahan tersebut muncul sangat dipengaruhi dengan lingkungan, pergaulan, atau pola asuh orang tua. Yang paling penting pertama kali harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyebab masalah itu muncul." jelas pria yang murah senyum ini.


Ia memberikan gambaran-gambaran secara konkrit agar mudah dipahami terutama tentang bullying. "Oleh karena itu seharusnya para orang tua sudah mengerti akan karekter si anak. Agar di era serba digital ini wawasan ortu tidak sempit.." imbuhnya.

Orang Tua murid saat berdiskusi (Foto: Div)

Sementara Plt Kepala Sekolah SDN Tanah Kedinding 1 Surabaya, Yus Suseno mengatakan, "Dengan adanya class parenting, kami berharap bisa memberikan tambahan wawasan para orang tua agar bisa lebih memahami karakter anak masing-masing sehingga tidak sampai melakukan hal yang negatif." ujarnya kepada awak media Analisa Post saat di temui di ruangan.


Masing-masing harus diurai dengan melibatkan pihak-pihak yang bersangkutan. Menjadi orang tua adalah pekerjaan yang tidak mudah bagi setiap orang. Apalagi menjadi orang tua dengan karunia anak istimewa.


Di sekolah, guru yang mengajar menjadi mitra konsultasi penyelesaian masalah anak. Di rumah, pasangan suami-istri, anggota keluarga lain harus kompak dengan kesepakatan untuk mendukung proses belajar yang baik.


Semoga dengan kegiatan semua ini, baik pihak sekolah maupun pihak orang tua siswa dapat bersinergi dengan baik sehingga bisa mengantarkan anak-anak meraih masa depan dengan sukses.(Che/Dna)


Dapatkan Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#SDNTanahKalikedinding1 #komnasanak #merdekabelajar

175 tampilan0 komentar
FLayer web.png
bottom of page