Menatap Golden Mountain Ala Fujiyama di Embung Kledung

Diperbarui: 1 Nov 2021

TEMANGGUNG - analisapost.com | Berbicara mengenai keindahan alam, dunia yang kita tempati ini tidak berhenti memukau mata dan jiwa. Disetiap sudut menyajikan sisi indah bagi penghuninya. Baik dari keindahan laut, hingga hamparan padang rumput di ujung garis cakrawala seperti yang terlihat di Embung Kledung. Minggu (31/10/21)

Foto Div : (Hamparan pengunungan Golden Mountain Embung Kledung)

Satu dari sekian banyak tempat di zambrut khatulistiwa yang menjadi sorotan mata Media Online Analisa Post adalah Embung Kledung. Lokasi ini berada di jalan raya Parakan, Wonosobo KM 12, Desa Tlahab, kecamatan Kledung Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Hamparan air yang mengisi cekungan bumi dengan latar belakang Gunung Sindoro menyerupai Gunung Fuji dengan danau nya Kawaguchi negeri Sakura.


Embung ini berada di bekas lahan tembakau. Pesona Gunung Sindoro dengan puncak emasnya terlihat saat sunrise benar-benar menakjubkan di dukung dengan lingkungan yang asri, sehingga kita bisa merasakan udara pegunungan menyejukan jiwa bagi siapa saja yang datang.


Lokasi Embung Kledung

Buat kalian yang ingin datang kesana, rute yang bisa di tempuh menuju Embung kledung melalui Magelang, bisa menuju Magelang - Wonosobo via Secang sampai perbatasan Wonosobo-Temanggung, terdapat pom bensin, setelah pom bensin, sebelum kuburan, terdapat jalan setapak, di kanan jalan.


Jalan setapak tersebut merupakan jalan menuju Embung Kledung. Kondisi jalannya masih berbatuan atau sering disebut makadam, Jalan tersebut tidak lebar dan sedikit kesulitan bila ada dua kendaraan roda empat yang bersimpangan sehingga kalian harus berhati-hati melewati terutama saat musim hujan. Jarak dari gang masuk hingga lokasi sekitar 500 meter.

Foto : Div ( Sebuah kebersamaan menuju perjalanan)

Fasilitas

Pengelola menyediakan berbagai fasilitas untuk mengakomodasi para pengunjung. Tetapi tidak menyediakan homestay untuk menginap, namun pengelola mengijinkan kita bisa camping. Untuk fasilitas yang bisa kita lihat di sana, ada area parkir, warung makanan dan minuman, mushola, toilet, (letaknya di bawah agak jauh dari tempat camping ground), ada tempat sewa tenda dengan kapasitas 4 dan 6 orang, tempat sewa sleeping bag, matras, flysheet, lampu senter, kompor 1 set, gas, nesting, dan kayu bakar.


Tiket Masuk

Harga tiket masuk di tidak terlalu besar sesuai dengan kantong pelajar sebesar 15.000 untuk parkir motor 2000 dan mobil 5000.


Tips Wisata

Bagi kalian yang ingin mengadakan perjalanan ke Embung Kledung, perlu memperhatikan kendaraan yang di bawa baik itu mobil atau pun motor. Bila perlu motor di setting untuk perjalanan naik gunung atau bukit.

  1. Bawalah baju hangat, karena udara di Embung Kledung terasa dingin khususnya malam hari hingga menjelang pagi

  2. Bawalah tas kain atau tumbler untuk mengurangi sampah plastik

  3. Berkoordinasi dengan pengelola jika hendak camping

  4. Jangan lupa membawa kamera bagi yang senang dokumentasi kan perjalanan

  5. Bawa perlengkapan obat-obatan

  6. Bawa tisu basah, tisu kering dan saputangan

  7. Sarung tangan, syal dan topi

  8. jangan lupa bawa power bank dan kabel gulung karena didaerah Embung Kledung minim listrik.

Foto : Bersama pelaku pariwisata Temanggung dan DIY

Saran

Temanggung memang memiliki beragam tempat wisata. Bahkan keelokan tempat wisata ini menjadi pengobat untuk yang suka hiking meski hanya sekedar untuk mengobati kerinduan mereka mendirikan tenda dan menghabiskan malam dengan alam.


Namun yang sangat disayangkan adalah kurangnya petunjuk jalan menuju Temanggung. Bagi wisatawan yang tau rute tersebut, tentu sudah hafal. Tetapi bagi yang dari luar kota belum pernah ke Temanggung, sudah pasti akan kebinggungan terutama jalan pada malam hari.


Jalan yang menuju ke Tumanggung sangat berbahaya, banyak tikungan tajam dengan jalanan yang naik turun. Jika perjalanan dilakukan pada pagi hari atau siang hari, masih bisa santai. Tetapi jika perjalanan di lakukan pada malam hari terutama bagi pengendara motor, harus waspada. Selain jalan berliku, pada malam hari jalanan sangat sepi dan jauh dari tempat bengkel. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan, atur lah waktu yang ditempuh dan cek selalu kendaraan. (Dna)

#wisataembungkledung

#embungkledung

#goldenmountain

#fujiayamaalaindonesia





2.421 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua