top of page

Mengenal Heri Susanto Anak Bangsa Pembuat Pesawat Terbang


Foto : Dokpri

LAMONGAN - analisapost.com | Lamongan, Heri susanto warga desa sumberagung Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan menghebohkan warga sekitar, karena pria tersebut pulang ke kampung halaman dengan membawa pesawat hasil karyanya .Kamis (16/12/21)


Dia sengaja membawa pesawat hasil karyanya tersebut untuk ditunjukan kepada orang tuanya dan warga yang ada di kampung kelahiranya, dia ingin membuktikan bahwa anak bangsa juga bisa membuat pesawat.


Pesawat tersebut sampai di kampung halamannya hari minggu kemarin dengan di angkut truk, dengan cara di pisahkan dari beberapa bagian yaitu sayap, baling - baling dan roda supaya mudah dalam pengakutan pesawat tersebut.


Heri susanto merupakan lulusan dari Sekolah Teknik Menengah (STM) yang ada di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, kemudian ia bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Republik  Ceko dan ia bekerja di perusahaan pembuat pesawat terbang.



Foto : Dokpri

Adapun keahlian dalam merancang dan membuat pesawat dia peroleh dari perusahan dimana dia bekerja ketika jadi Tenaga Kerja Indonesia di Republik Ceko.


Setelah pulang dan tidak lagi menjadi TKI Heri susanto menetap di rumah istrinya yaitu di ciamis, kemudian  mencoba membuat pesawat dari pengalaman yang di peroleh dan dia berhasil membuat tiga pesawat, dan tahun lalu dua di antara pesawat tersebut sudah di beli oleh Pemerintah Republik Ceko .


Menurut keterangan Suyanto seluruh proses pembuatan, desain hingga pengerjaan di lakukan sendiri di kampung halaman istrinya yang berada di Kecamatan Lakbok Ciamis Jawa Barat dan untuk bahan pesawat hampir semua dia datangkan dari luar negeri .


Pesawat hasil buatan Suyanto yaitu jenis STOL memiliki ukuran panjang 7 meter dan lebar 9 meter dengan kapasitas 2 orang penumpang dan memiliki kecepatan maksimal hingga 180 km/jam, durasi terbang bisa sampai 4 jam, dengan bahan bakar pertamax dan kapasitas bahan bakar 80 liter, serta mesin yang digunakan adalah mesin mobil Honda jazz RS tahun 2015.


Heri susanto menegaskan pesawat hasil buatannya jenis STOL ini sudah siap diterbangkan, ia perlu menunggu uji kelayakan dari pihak terkait dan sekaligus menunggu proses pembuatan identitas untuk pesawat tersebut.(Tom)

2.662 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
FLayer web.png
bottom of page