Menikmati Potensi Wisata Alam, Ditengah Wisata Air Sindoro Water Park
top of page

Menikmati Potensi Wisata Alam, Ditengah Wisata Air Sindoro Water Park

TEMANGGUNG - analisapost.com | Tata kelola suatu Desa untuk menghasilkan itu tidak mudah. Dibutuhkan usaha dan kerja keras. Kejelian melihat potensi yang ada disekitar wilayah itu merupakan kunci utama. Tidak semua Desa mampu mengembangkan dan menghasilkan, akan tetapi kebanyakan yang terjadi adalah kegagalan. Namun tidak demikian dengan desa Rejosari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung ini. Rabu (27/10/21)


Foto : Div (Menikmati suasana dipegunungan bersama bu Kades dan Pelaku Wisata)

Desa Rejosari menjadi jujukan bagi wisatawan, karena memiliki banyak sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai potensi wisata. Desa yang terletak di kaki Gunung Sindoro, mempunyai pemandangan yang unik karena dari desa ini kita bisa melihat lima gunung yang ada seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.


Desa daerah penghasil tembakau ini, selain memiliki potensi wisata alam, Juga memiliki seorang Kades yang penuh kreatif untuk memajukan warganya. Teguh Rahayu, Aktor dibalik kesuksesan desa Rejosari selalu memberikan motivasi agar warganya mau mengembangkan daerahnya. Berkat usaha beliau akhirnya berdiri tempat wisata Eduwisata Sindoro Water Park.


Eduwisata Sindoro Water Park (SWP) salah satu objek wisata yang dibangun menggunakan dana desa memiliki luas 5.550 meter persegi. Kolam renang yang di disain dengan konsep sederhana dilengkapi dengan fasilitas Outbond. Menurut informasi yang didapat awak media Analisa Post, Dari operasional waterpark sudah menyerap tenaga kerja sebanyak kurang lebih 26 orang. Dengan jumlah pengunjung sebelum pandemi sekitar 900-1000 orang perbulan.


"Awalnya tanah desa ini kurang produktif, karena tidak subur. Untuk pembangunan water park nya menghabiskan biaya kurang lebih 500 juta. Sejak kami memanfaatkan sumber air dari mata air yang berada di Gunung Sindoro untuk mengairi water park, sekarang Ahamdullilah sudah seperti ini." Ujar Teguh Kepala desa yang sudah menjabat di 3 periode ini.


"Water Park resmi beroperasi 2019 dengan omset mencapai hampir 15 juta per bulan dan untuk karyawannya, semua dari warga sini." Imbuhnya.


Selain disuguhi pesona alam dengan keindahan matahari terbit di pagi hari dan juga pengembangan wisata air. Jika sudah lelah seharian menjelajah tempat-tempat wisata di Temanggung, dapat singgah ke kedai makanan yang menyajikan banyak makanan khas Temanggung.

Foto : Div (Wedang Lombok dengan khas rempah-rempah)

Rejosari juga terkenal dengan minumannya wedang lombok yang diracik dari rempah-rempah tradisional khas jawa seperti jahe, kayu manis,merica, dan sere. Cabe yang dimasukan secara utuh ke dalam minuman, sebenarnya lebih berperan sebagai variasi yang menciptakan nuansa hangat.


Cabe yang akan digunakan dalam minuman, sebelumnya direbus terlebih dahulu sehingga sampai pada tahap mengeluarkan sari cabe yang mampu memberikan citarasa pada minuman.


Bagi kalian yang tertarik untuk melihat wisata alam dengan air pegunungan yang ada di Sindoro Water Park sambil menikmani wedang lombok, tempat ini bisa menjadi refrensi dapat masuk sebagai daftar tempat jalan-jalan yang dikunjungi.(Che/Dna)


2.023 tampilan0 komentar
bottom of page