top of page

Menjelang HAN, Disabilitas Berkarya Suguhkan Prestasi Melalui Musik

SURABAYA - analisapost.com | Menjelang Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, Aksi Cinta Indonesia (ACI) dan Komunitas Disabilitas Berkarya kembali berkolaborasi dengan tema "Setara Berkarya". Kegiatan ini menggandeng Surabaya Suites Hotel dilaksanakan di ruang Halle Wisma Jerman Surabaya pada hari Sabtu (8/7/23) untuk berlatih bersama anak-anak penyandang autis dan down syndrome dari Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI).

Suasana latihan menjelang konser HAN di ruang Halle Wisma Jerman Surabaya
Suasana latihan menjelang konser HAN di ruang Halle Wisma Jerman Surabaya (Foto: Charles)

Mereka berkolaborasi menyanyikan 3 lagu yakni Gembira Berkumpul, Soleram dan Setinggi Langit. Mereka berbaur bermain bersama. Menurut Yessy Dian, perwakilan dari ACI mengatakan bahwa selain kolaborasi vokal, 5 pianis berasal dari Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) dan alumni Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (YPAB) Surabaya, Reva, Shiren, Felis, Danang dan Sarah ikut berpartisipasi.


Ke lima pianis muda mendapat bimbingan dari Kevina Tenggara (19) asal Surabaya yang pernah menempuh pendidikan piano klasik di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapura.


"Mereka akan tampil pada tanggal 23 Juli membawakan dua lagu, namun hari ini mereka membawakan satu lagu. Awalnya sih bingung karena mereka kan tidak membaca peraturannya. Tapi mereka punya kelebihan yaitu mudah menghafal sehingga tidak ada kesulitan untuk mengajar apalagi semuanya sudah mempunyai basik piano," tutur Kevina saat di konfirmasi.

5 pianis muda foto bersama usai kegiatan
5 pianis muda foto bersama usai kegiatan (Foto: Charles)

Reva dan Shiren saat ditanya awak media AnalisaPost tanggapannya mengenai sosok pelatih, mereka dengan senang berkomentar, "orangnya seru, sabar dan baik terutama kalau mengajar anak tuna netra," ujar Reva.


Hal sama juga dituturkan Shiren, "kak Evina sebagai pengajar itu sabar, seru," katanya.


Sementara Eko Doto Nugroho perwakilan dari Disabilitas Berkarya menjelaskan, seluruh hasil latihan akan ditampilkan pada konser ACI, Disabilitas Berkarya dan Surabaya Suites Hotel yang bertajuk Setara Berkarya.


"Melalui konser ini, kami ingin mengajak masyarakat mendukung dan memberi kesempatan yang setara bagi anak-anak difabel untuk berkarya," ujarnya kepada awak media AnalisaPost.

Ditempat yang sama Erni sebagai Music director ACI menambahkan, "ACI bersama Y-AMI akan membawakan tiga lagu, sementara para pianis masing-masing akan memainkan dua lagu solo karya komposer Indonesia dengan persiapan latihan sudah lebih sebulan. Berharap dengan adanya kegiatan ini, anak- anak memperoleh kesetaraan dalam berkarya. Baik disabilitas maupun anak-anak umum mendapat kesempatan yang sama. Terpenting belajar kolaborasi dengan siapa pun," imbuhnya.(Che)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

ความคิดเห็น


bottom of page