top of page

Mimpi Sandiaga Uno Siapkan Kongres Dunia Vegan Festival

SURABAYA - analisapost.com | Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi hari terakhir Vegan Festival 2022 yang digelar di Exhibition Hall Grand City Mall Surabaya pada hari Minggu (11/12/22).

Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi hari terakhir Vegan Festival 2022 (Foto: Div)

Sandiaga Uno yang hadir dalam acara ini mengapresiasi Vegan Festival 2022 menyebutkan event ini telah meraih rekor MURI sebagai yang terbesar di dunia. Dengan meraih rekor MURI, Vegan Festival di Surabaya bisa menunjukkan bahwa Indonesia memang sudah mengambil kepemimpinan di kuliner.


Pola masyarakat tidak mengkonsumsi produk hewani dan turunannya (vegan culinary) merupakan salah satu pilihan wisatawan vegetarian atau vegan. Sebab, pola hidup vegan ini sehat bagi tubuh dan sedang tren di dunia. Ia akan mengedepankan kuliner vegan sebagai daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia


"Saya ucapkan selamat atas rekor yang dipecahkan, ini terbesar di dunia. Kita bisa mengalahkan negara-negara besar, seperti Amerika dan Australia, bahwa Indonesia menyelenggarakan Vegan Festival yang terbesar dari segi luas, tenant, dan UMKM," kata Sandiaga disampaikan di event Vagan Festival.


Baginya vegan food ini mempunyai kualitas tinggi. Sebab sebelum dihidangkan, dipersiapkan dengan higienis." Ini memiliki aspek kesehatan yang luar biasa, reseacrh terakhir dengan konsumsi vegan bisa kurangi resiko 15% penyakit kanker, jantung dan obesitas," paparnya.

"Saya bersama dengan vegan society akan menyiapkan kongres dunia tahun depan, bulan lima di Jakarta, kita tuan rumahnya. Kebetulan presiden vegan organization ini orang Indonesia, jadi saya harapkan nanti kita dilibatkan dan kita ingin ini menjadi event nasional yang bisa menarik kunjungan wisatawan mancanegara," jelasnya kepada awak media.


Sementara Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan, Vegan Festival ini merupakan komitmen dan kolaborasi dari Menparekraf dengan relawan society dari tahun ke tahun menggali kearifan lokal dan budaya Indonesia yang begitu kaya. Sehingga bisa menempatkan posisi budaya Indonesia semakin tinggi di level internasional.


"Tahun demi tahun juga akan dilengkapi variasinya dan akan digali lebih dalam di Nusantara yakin bahwa kekayaan dan keragaman tersebut akan menjadikan Indonesia sebagai juara Indonesia," ujar Isyak.


"Kita berharap tahun depan ditampilkan festival makanan tradisional se -nusantara berbentuk vegan, dibikin bentuk pasar rakyat."imbuh pria energik ini di atas panggung saat memberikan kata sambutan.


Susianto, Presiden World Vegan Organization (WVO) mengatakan jumlah resto vegan di Indonesia terus bertambah, karena kesadaran masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Ia juga mencontohkan makanan vegan yang bisa mencukupi kebutuhan tubuh setiap harinya.


"1/3 dari isi piring adalah makanan pokok tidak wajib nasi. Tapi Indonesia, kalau tidak pakai nasi katanya tidak makan. 1/3 lagi sayuran. 1/6 buah-buahan. 1/6 lagi lauk pauk hewani dan nabati masing-masing 1/12. Kalau kita mau simpulkan ada 100% piring dikurangi 8%, hasilnya nabati atau vegan," jelasnya.

“Pada penyelenggaran Vegan Festival Indonesia tahun 2022 jumlah pengunjung mencapai 50.000 orang, memecahkan rekor perhelatan sebelumnya dihadiri 30.000 masyarakat diharapkan pada tahun depan akan naik siginifikan,” ungkap Susianto.


Senada dengan itu, Ketua Indonesia Vegetarian Society (IVS) Jatim Susanto mengatakan jumlah peserta Vegan Festival terus meningkat sejak event pertama tahun 2011. Sebelum pandemi, Vegan Festival 2019 mampu menyerap 30 ribu lebih pengunjung.


"Kita mengukur dari berbagai tahun ke tahun punya kegiatan. Animo yang hadir semakin banyak. Olahan makanan vegan tak melulu membosankan. Banyak pengusaha kuliner vegan yang mengolahnya menjadi menarik, bahkan dijadikan seperti olahan makanan daging lainnya.," kata Susanto. (Dna)


Dapatkan Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#gradcitysurabaya #veganfestival2022 #kemenparekraf #sandiagauno #GrandCityMallSurabaya #sandiagauno

44 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua