top of page

PAUD Enggal Permata Malang Kenalkan Profil Pelajar Pancasila Dengan Wisata Edukasi

SURABAYA - analisapost.com | Enggal Permata Amazing 2023 merupakan program kegiatan akhir tahun sekolah PAUD Enggal Permata yang beralamat Jl. Simpang Arjuna RT.50 RW.12 Dukuh Tretes, Kelurahan Donowarih, Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, dilaksanakan untuk penanaman Profil Pelajar Pancasila.Kamis (22/6/23)

Kusmiati, Kepala Sekolah PAUD TK Enggal Permata Kabupaten Malang.
Kusmiati, Kepala Sekolah PAUD TK Enggal Permata Kabupaten Malang. (Foto: Div)

Dengan tema "Aku Cinta Indonesia", bersama 80 anak PAUD dari 100 peserta dan orang tua murid di ajak mengunjungi Rumah Pintar Juanda Cendikia berada di kawasan markas militer Pusat Penerbangan (Puspenerbal) TNI-AL dekat Bandara Internasional Juanda sebagai tempat wisata edukasi agar menambah wawasan memberikan pengalaman baru bagi anak-anak.


"Meskipun sekolah kami terletak di pegunungan, kegiatan ini membawa kenangan tersendiri karena bisa naik bus bersama teman-teman ke kota menuju Rumah Pintar yang berada dekat bandara, bisa melihat pesawat secara langsung, masuk ke Museum Penerbangan TNI AL, melihat kegiatan pilot. Disini anak-anak bisa bebas bermain tanpa mengingat smartphone dan ini adalah pengalaman pertama kalinya bagi mereka dan kita semua," ujar Kusmiati, Kepala Sekolah PAUD TK Enggal Permata Kabupaten Malang.


Matanya berkaca-kaca penuh kebahagian melihat anak didiknya tidak pernah kehilangan senyumnya. Sekolah PAUD binaan Komnas Anak dan PAUD Institut Jawa Timur ini tiba tepat pukul 08.30, butuh waktu 1 jam lebih untuk sampai di tempat wisata edukasi dengan usia mereka yang masih lucu-lucu namun tetap terlihat ceria meski hari itu benar-benar terik.

Anak-anak saat mendengarkan dogeng dari pemandu wisata edukasi (Foto: Div)

Menurutnya kebahagian mereka merupakan berkah dimana sekolah yang berada jauh di pelosok tak menjadikan halangan bagi Mia panggilan akrab kepala sekolah ini untuk memberikan wawasan demi kemajuan sekolah yang ia pimpin.


"Dengan adanya kegiatan ini,tujuannya agar anak-anak percaya diri, cinta akan tanah air dan kebetulan sekolah kami ada open house untuk pendaftaran murid baru, berharap bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga pendidikan kita. Walaupun letak sekolahnya berada di desa terpencil di dalam plosok, namun kita bisa membuat kegiatan yang luar biasa ," tuturnya kepada awak media AnalisaPost pada hari Senin (19/6/23)


Suasana Rumah Pintar Juanda yang penuh dengan tulisan motivasi, pemandu yang ramah dengan anak-anak mengajak mereka berkeliling mengunjungi perpustakaan, diajak mewarnai, menonton film, menari, bisa melihat pesawat jenis Socafa TB-10 buatan Prancis yang pernah digunakan sebagai sarana latihan di Puspenerbal TNI AL, ada area outbond dengan jaring laba-laba, tali batang monyet, dan permainan luar lainnya dikelilingi pohon rindang serta banyak terlihat burung merpati mirip taman bermain. Hanya butuh satu setengah jam untuk bermain di pangkalan, tentunya menjadi kebahagiaan buat mereka.

"Kami berharap anak-anak bisa lebih mengenal profesi Angkatan Laut, Angkatan Darat, Polisi, mendapatkan pengalaman naik pesawat, bisa melihat kegiatan seorang pilot, bisa foto di dalamnya. Ini adalah wisata yang tidak banyak mengeluarkan budged untuk berlibur," papar wanita berkacamata yang sederhana ini. Kebahagian yang terpancar dari raut wajahnya sangat terlihat. (Dna).


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

248 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page