Pelantikan Pengurus DPC HPI Sidoarjo, Jadikan Ajang Perbaikan SDM
top of page

Pelantikan Pengurus DPC HPI Sidoarjo, Jadikan Ajang Perbaikan SDM

SIDOARJO - analisapost.com | Ketua DPD HPI Jawa Timur, Sujai Asmed hari ini melantik pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sidoarjo yang di gelar di Pandopo Delta Wibawa pagi ini. Dengan tema semangat Integritas Bersama Kita Kembangkan Kualitas Bekerja Dengan Optimal Untuk Selalu Bersinergi dan Berkolaborasi Dalam Jejaring Pariwisata Pada Era Revolusi Industri 4.0 pada hari Kamis (25/03/22)

Pelantikan pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sidoarjo yang di gelar di Pandopo Delta Wibawa (Foto: Div)

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Bupati Sidoarjo, perwakilan dari Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kab. Sidoarjo, Bapak Marta, perwakilan dari Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo, perwakilan dari Kepala Museum Empu Tantular, serta seluruh jajarannya, Ketua DPD HPI Jawa Timur, Sujai Asmed, Penggiat Pokdarwis, Kampung Tematik, Desa Wisata, Pelaku Industri Pariwisata, Resotan dan Hotel, Pusat Oleh-Oleh dan anggota Pramuwisata.


Dalam hal ini Marzuki Yahya Ketua HPI Sidoarjo periode 2022-2027 mengatakan, meskipun kami pernah tiarap dan berganti profesi sejak adanya pandemi, tetapi HPI Sidoarjo tetap kami jaga dan kami rawat,"ujarnya


"Hingga kini kami masih aktif mendukung Disporapar dalam menjalankan program Sidoarjo City Tour. Bersinergi dan berkolaborasi dengan para pelaku usaha dalam bidang pariwisata yang telah lama menjalin kerjasama diantaranya, Permata Tanggulangin Collection, Tirto Intako, Kampung Lali gadged Wonoayu, Morfby Carving Leather dari tanggulangin, The Java T-shirt, Brawijaya Istana Oleh-Oleh Batu, Buah Tangan Oleh-Oleh Batu, Arum Manis Malang, Malang Strundel," papar pria alumnus FISIP Unair Prodi Ilmu komunikasi.

Mereka hadir memberikan suport dalam kegiatan ini karena menyadari keberadaan dan peran seorang pramuwisata sangatlah penting terutama dalam mendukung pariwisata yang berkelanjutan sebagai garda terdepan dalam pengembangan pariwisata karena berhubungan langsung dengan tamu daerah bahkan tamu mancanegara.


Mereka harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga tamu ingin datang kembali dan selalu memegang teguh pada SOP Sapta Pesona.


Sujai Asmed Ketua DPD HPI Jatim menyampaikan," Ayo berjuang bersama-sama supaya profesi ini benar-benar dijalani penuh dengan tanggung jawab. Semoga pengurus HPI Sidoarjo yang mengikuti sumpah jabatan bisa bekerja dengan sepenuh hati meskipun tanpa di gaji. Namun tetap melayani seluruh anggota DPC HPI Sidoarjo." ucapnya dalam pidato


"Kami juga berharap agar perda 1994 tersebut di revisi kembali. Kami Jawa Timur masih berjuang. Karena Bali dan Jogja sudah ada perda pramuwisata, harus pakai guide lokal, jika tidak akan di denda Rp 30 juta untuk peraturan di Bali dan Rp.25 juta untuk peraturan di jogja. Sedangkan di Jawa Timur denda masih Rp. 50.000." jelas Sujai


Pihaknya sangat menyanyangkan jika Pemda belum memiliki perda yang mengatur dan mewajibkan penggunaan pramuwisata yang telah berlisensi. Perda penting sebagai aturan mengikat. Harapnya dengan adanya HPI di 34 provinsi beranggota lebih 12.000, 13 DPC di Jawa Timur, mereka menjadi guide bisa meningkatkan kepariwisataan.


"Kami adalah republik kecil untuk mewartakan kepada dunia, betapa indahnya negara Kita. Kami selalu berintegrasi dengan para pelaku pariwisata. Terima kasih saya sampaikan semoga kita selalu bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya untuk memajukan pariwisata." tegasnya mengakhiri pembicaraan.


Usa pelantikan Pengurus DPC HPI Sidoarjo periode 2022-2027, diakhiri dengan foto bersama. Kegiatan ini berjalan lancar dan tetap menjalankan protokol kesehatan.(Dna)



1.192 tampilan0 komentar
bottom of page