Peluncuran Seri Webinar Pelatihan UMKM oleh KBRI Bandar Seri Begawan
top of page

Peluncuran Seri Webinar Pelatihan UMKM oleh KBRI Bandar Seri Begawan

BRUNAI DARUSSALAM - analisapost.com | Masa pandemi Covid-19 telah menempatkan UMKM pada pihak yang paling rentan terdampak krisis. Banyak kesulitan dan tantangan dihadapi oleh pelaku UMKM untuk tetap menjalankan bisnisnya. Namun, di sisi lain pandemi mengajarkan kita untuk lebih fokus berinovasi, berpikir lebih kreatif, dan beradaptasi dengan tuntutan zaman dan persaingan bisnis, serta terus mengembangkan usaha ke depan. Senin (15/11/21)


Dengan latar belakang tersebut, KBRI Bandar Seri Begawan meluncurkan Seri Webinar Pelatihan UMKM pada hari Sabtu, 13 November 2021. Kegiatan ini akan mengusung tiga tema dan berlangsung dalam beberapa akhir pekan selama bulan November hingga awal Desember 2021.


“Tujuan kegiatan pelatihan ini ialah untuk membantu UMKM Indonesia di Brunei bangkit dan menumbuhkan bisnis yang lebih kuat selepas pandemi," ujar Wakil Kepala Perwakilan RI/KUAI KBRI Bandar Seri Begawan Irwan Iding, pada sambutan pembukaan kegiatan Seri Webinar Pelatihan UMKM. “Semakin maju usaha Bapak dan Ibu, kami berharap semakin banyak pula produk ekspor dan tenaga berkeahlian dari Indonesia yang akan dibawa masuk ke Brunei," tambahnya lagi.


Setelah pembukaan, kegiatan langsung dilanjutkan dengan seri pertama pelatihan yang mengetengahkan tema “Pendirian Koperasi dan Usaha Koperasi". Seri pertama pelatihan ini turut didukung oleh IPEMI Brunei Darussalam dan menghadirkan narasumber Muhidin, SE, Analis Ahli Madya Bidang Perkoperasian pada Kementerian Koperasi dan UKM. Sebanyak 52 orang peserta dari seluruh wilayah Brunei Darussalam telah hadir secara daring mengikuti kegiatan ini.


Muhidin menekankan manfaat koperasi untuk kesejahteraan anggotanya. Usaha koperasi akan dapat berkembang bilamana didukung penuh oleh anggota. Selain itu, faktor utama yang mendasari kemajuan koperasi ialah pengawasan terhadap penerapan prinsip-prinsip koperasi secara konsisten.


Dalam sesi tanya jawab, terungkap bahwa masyarakat dan pelaku bisnis Indonesia di Brunei Darussalam telah memiliki ketertarikan mendirikan koperasi untuk maju bersama. Terkait hal ini, disampaikan harapan atas dukungan KBRI Bandar Seri Begawan guna mewujudkan suatu badan usaha koperasi yang juga diakui oleh Pemerintah Brunei Darussalam.


Untuk selanjutnya, kegiatan Seri Kedua Webinar Pelatihan UMKM bertema “Tata Buku/Keuangan Dasar" akan dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 20-21 November 2021 pukul 19.30-21.00. Sementara Seri Ketiga “Marketing Online" akan dilaksanakan pada akhir November/awal Desember 2021. Bagi yang tertarik mengikuti salah satu atau kedua seri pelatihan ini, KBRI Bandar Seri Begawan masih membuka pendaftaran melalui link https://bit.ly/PelatihanUMKMBSB. (Hms/Red)


218 tampilan0 komentar
bottom of page