top of page

Pengalaman Menjadi Admin Social Media Hingga Kameramen Saat Demo

Penulis: Yuliana Salamah

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


Media Online AnalisaPost memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi untuk berkontribusi dalam kegiatan liputan sehari-hari. Mengambil durasi magang dua (2) bulan mulai dari 21 Maret 2023 sampai dengan 20 Mei 2023. Pelaksanaan kegiatan di mulai dari pukul 09:00 sampai pukul 16:00.

Saat Demo Aliansi BEM Se-Surabaya di depan Gedung DPRD Jawa Timur. (Foto: Lian)

Magang merupakan kegiatan semua mahasiswa-mahasiswi Untag Surabaya yang wajib diikuti karena terdapat pada SKS harus diambil. Hal tersebut disambut baik oleh tim AnalisaPost untuk dapat ikut berkontribusi sesuai dengan peminatan Broadcast yang sedang saya jalankan dalam perkuliahan.


Saya dipercayai untuk dapat memegang akun social media seperti Instagram dan Tiktok. Selama magang berlangsung, saya berusaha untuk dapat mengubah desain dari feed pada Instagram, sampai pengambilan video untuk diupload di tiktok agar lebih menarik visualnya.


Saya merasa feed yang di gunakan dalam postingan instagram terlihat tertumpuk tulisannya. Padahal berita yang diangkat adalah berita yang sedang hangat. Selain bertugas menguplod feed dan story Instagram, saya juga merangkap sebagai kameramen.


Setiap harinya saya menggunakan kamera handphone untuk pengambilan gambar karena hasil dan kualitasnya juga sudah cukup memadai. Ketika hasil gambar yang saya tangkap bisa menjadi pilihan untuk di upload dalam website analisapost.com, tetap saja pemilihan foto tersebut di seleksi yang dilakukan oleh pembimbing kami selama di tempat magang yaitu Mbak Div Naritha.


Dalam melakukan sebuah liputan pasti ada tantangan. Selain itu beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah izin kepada narasumber untuk mengambil gambar dirinya. Tantangan ke dua terdapat pada tempat yang sedang digunakan, harus bisa mengambil angel gambar sesuai dengan berita yang akan di upload.


Pristiwa lainnya yang menarik adalah saat saya meliput Demo Aliansi BEM Se-Surabaya di depan Gedung DPRD Jawa Timur. Tidak Menutup kemungkinan saya yang memiliki jiwa Introvert harus bisa bergabung dalam kegiatan keramaian dan uga panas-panasan. Kami tim dari AnalisaPost sudah berkumpul sebelum dari waktu yang telah di tentukan, hingga kegiatan aksi ini dimulai pada pukul setengah dua siang.


Perlu diketahui, kebanyakan perempuan itu menjadi penulis ataupun mejadi reporter, namun di saat saya berada sana, saya adalah bagian dari para kameraman yang sedang mengejar bapak ketua DPRD Jawa Timur. Terduduk di samping pick up yang diatasnya terdapat beberapa mahasiswa dari masing-masing perwakilan kampus menjadi penyuara yang menggunakan toa, juga Bersama ketua DPRD Jatim.


Saya sebagai kameraman sempat khawatir karena ini adalah pertama kalinya saya mengikuti kegiatan peliputan. Tampak terlihat ketua DPRD Jatim di jaga oleh beberapa keamanan untuk bisa masuk kedalam ruangannya. Handphone ku sempat terjatuh sampai tanganku sudah sempat terkena oleh lemparan botol dari teman-teman mahasiswa.


Namun hal ini menghasilakan buah yang baik bagi tiktok AnalisaPost, karena satu video recapan saat itu dapat membuat followers tiktok AnalisapPost sedikit agak menaik jumlahnya. Tidak hanya mementingkan angel saja tapi juga sebagai wanita jurnalis di sarankan untuk membawa tas ransel guna memudahkan menjaga diri dari ketidak sengajaan nya sentuhan yang tidak diinginkan.


Menjadi bagian social media bukan hanya disebut sebagai admin saja, tapi sekarang sudah banyak sekali jenis-jenis pekerjaan dalam hal tersebut seperti, content writer, specialist social media dan desainer grafis.


Sebagai admin di social media, juga harus serba bisa untuk mengangkat akun berita tersebut. Selama melaksanakan magang, saya sebagai penulis artikel ini sangat senang sekali karena diberi kesempatan untuk terjun langsung ke lapangan. hal ini memberikan pengalaman berharga. Tentu senang sekali dapat mengenal beberapa kegiatan jurnalistik dalam mengembangan suatu website agar dapat lebih diketahui banyak orang.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page