top of page

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Semua Elemen Fokus Memperkuat Ideologi Pancasila

POHUWATO - analisapost.com | Peringatan Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada Rabu (1/6/2022), semua elemen bangsa diharapkan jangan memperuncing perbedaan sejarah kelam.

Namun fokus untuk memperkuat konsensus ideologi Pancasila, UUD 1945, serta tekat bulat menjaga NKRI untuk kemajuan bangsa Indonesia.


Disampaikan wakil ketua Pengurus Daerah Kabupaten Pohuwato, Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI) , Dumais Hais Doda dalam refleksi nasional jelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Rabu (1/6/2022).


"Sejarah mencatat perjuangan semua elemen masyarakat, baik founding father maupun founding mother mampu meraih kemerdekaan. Kita juga menyadari dalam meraihnya terjadi perbedaan pendapat dan persepsi di antara kalangan anak anak bangsa," ujarnya.


Menurut Hais, semua tahu, sebelum maupun sesudah peristiwa 1965 terjadi pula tragedi kemanusiaan, penghilangan nyawa secara massal, banyak korban baik dari kalangan pemuka agama, para ulama, para kiai, juga para jenderal, para tokoh pejuang, dan kalangan sipil lainnya.


"Marilah Hari Kesaktian Pancasila dijadikan momentum rekonsiliasi nasional. Peristiwa kelam itu kita sadari bersama sebagai bagian dari perjalanan bangsa yang kita cintai ini. Kita rajut kembali rasa Bhinneka Tunggal Ika," harapnya.


Hais menambahkan, agar generasi ke depan juga tidak terbebani sejarah kelam, GM FKPPI Pohuwato menegaskan terus gelorakan perkuat persatuan, gelorakan kebhinekaaan, serta serukan menjaga NKRI. Mengokohkan Pancasila dan NKRI itu bagian penting komitmen nasional.


"Para pejuang bangsa banyak melakukan introspeksi atas segala peristiwa laten yang mengancam keutuhan NKRI dan kelak agar tidak muncul kembali," ujarnya


Harapanya atas nama organisasi FKPPI wakil ketua bersama anggota FKPPI Kabupaten Pohuwato, mengucapkan selamat Hari besar Pancasila, dan moga sukses selalu pemerintahanya SMS.(Zebal)


482 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page