top of page

Peringati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, FKG UHT Surabaya Dorong Masyarakat Peduli Kesehatan Gigi

Diperbarui: 21 Mar 2023

SURABAYA - analisapost.com | World Oral Health Day atau Hari Kesehatan Mulut sedunia yang jatuh pada 20 Maret hari ini di peringati secara serentak oleh seluruh insan dokter gigi perguruan tinggi yang memiliki prodi Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) termasuk FKG Nala Husada UHT yang berdomisili di Jl Arif Rahman Hakim 150 Keputih Surabaya.

Warga mendapatkan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut gratis di RSGM Nala Husada (Foto: Istimewa)

Untuk mendukung hal tersebut, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah (FKG UHT) Surabaya berkolaborasi dengan PT. Unilever Indonesia, AFDOKGI, ARSGMPI & Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), mengelar acara bakti sosial kesehatan gigi masyarakat dengan membuka pelayanan umum gratis sebanyak 104 pasien berupa pemeriksaan, pembersihan karang gigi dan edukasi kesehatan gigi secara gratis di lokasi rumah sakit pendidikan gigi UHT, RSGM Nala Husada, pada hari Senin tanggal 20 maret 2023.


Tujuan diadakan kegiatan WOHD untuk edukasi kesehatan gigi serta meningkatkan kebersihan gigi dan mulut, dental health education khususnya kepada masyarakat Keputih Surabaya dan sekitar.


Acara Baksos ini melibatkan seluruh dokter gigi FKG UHT dan RSGM Nala Husada, perawat gigi RSGM serta mahasiswa profesi kedokteran gigi UHT.

Menurut ketua panitia pelaksana acara WOHD 2023, Aulia Dwi Maharani, drg., M.Kes Dosen FKG, "Target utama yang ingin di capainya adalah mengentaskan 100 orang pasien umum gigi khusus dewasa dalam kurun waktu sehari," ujarnya.


"Target ini akan dicapai dengan melibatkan penuh seluruh dokter gigi spesialis dari bidang ilmu biomedik dan biologi oral, ilmu material kedokteran gigi, ilmu kesehatan gigi masyarakat, ilmu kedokteran gigi anak, prosthodonsia, Konservasi, gigi, dan ilmu penyakit mulut dokter gigi FKG UHT dan alumni FKG Universitas Hang Tuah," jelasnya.


Sementara Dekan FKG UHT Laksma TNI purn Dr. Nora Lelyana, drg., M.H.Kes., FICD saat ditemui oleh awak media dilokasi acara terkait untuk perawatan dan pembersihan karang gigi ikut mendukung kegiatan tersebut karena RSGM telah terakreditasi paripurna.


"Pihak FKG UHT telah melakukan kerjasama dengan Direktur RSGM Nala Husada Laksma TNI Purn Lita Agustia, drg., MH.Kes, meminta agar pihak Rumah Sakit Pendidikan Gigi dan Mulut RSGM Nala Husada yang telah terakreditasi paripurna dari Lam PT Kes tersebut bersedia dan bekerjasama membantu dan mendukung acara bakti sosial kesehatan gigi terhadap 100 orang pasien dari masyarakat umum khusus dewasa," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Lita Agustia, dari rumah sakit pendidikan gigi FKG UHT yang telah dinyatakan resmi sebagai rumah sakit Gilut terakreditasi paripurna, pihaknya merasa terhormat di libatkan dalam kegiatan ini.


Sebelumnya dirinya telah terkonsentrasi dengan adanya program WOHD terkait layanan cukup pembersihan karang gigi saja, akan tetapi sebagai rumah sakit pendidikan, dirinya terpanggil bila dirasa ada pasien yang memerlukan perawatan lebih lanjut terkait kasus gilut pihaknya akan dengan senang membantu dan mengondisikan lebih lanjut, semisal ada penambalan, perataan ortodonsia gigi, pencabutan gigi, yang mana kesemuanya tersebut diatas masih membutuhkan perujukan di hari lain.


Khusus acara ini Lita akan memanfaatkan 5 ruang dental unit milik dokter spesialis di RSGM, serta memaksimalkan 100 alat dental unit milik mahasiswa profesi di ruang lainnya. (Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page