PPNS Gelar Wirausaha Merdeka Demo Day Ciptakan Entrepreneur Muda
top of page

PPNS Gelar Wirausaha Merdeka Demo Day Ciptakan Entrepreneur Muda

Diperbarui: 8 Des 2022

SURABAYA - analisapost.com | Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) menggelar pameran produk wirausaha karya mahasiswa se-Indonesia di Surabaya bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur yang di gelar selama 2 hari mulai Senin hingga Selasa 5-6 Desember 2022 dilaksanakan di Dyandra Convention Centre Surabaya.

Wirausaha Merdeka diikuti mahasiswa se-Indonesia (Foto: Div)

Jumlah peserta pameran yang terlibat di dalam kegiatan diikuti lebih dari 1000 mahasiswa dari berbagai universitas dan politeknik se-Indonesia, merupakan program yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang pendanaannya di dukung dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).


Pameran diharapkan memancing jiwa wirausaha mahasiswa untuk mencapai target 6 % penduduk Indonesia menjadi wirausahawan pada tahun depan.


Pada tanggal 29 Agustus 2022 tersebut telah diikuti oleh 1.067 mahasiswa berasal dari 17 perguruan tinggi dari Aceh hingga Indonesia Timur dan telah menghasilkan 107 kelompok dengan 103 ide bisnis. Ke-103 ide bisnis tersebut dipamerkan dalam kegiatan Demo Day Wirausaha Merdeka, program Project Based Learning Technopreneurship (PBLT).


Menurut Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menyatakan sangat senang melihat keberhasilan mahasiswa-mahasiswa yang menjadi peserta program Wirausaha Merdeka. "Kadin Jatim sendiri miliki komitmen dalam menciptakan wirausaha-wirausaha berprestasi yang akan membawa Indonesia menjadi negara makmur," katanya.


Sementara Denis Maulana sebagai PIC Wirahusaha Merdeka PPNS 2022 mengatakan,"Demo Day merupakan project best learning, ini merupakan pameran ajang pembuktian dari beragam bisnis hasil kerja kreatif mahasiswa." ujarnya

Denis Maulana sebagai PIC Wirahusaha Merdeka PPNS 2022 (Foto: Div)

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan mulai bulan Agustus 2022 dan penutupannya di tanggal 5-6 Desember 2022. Agenda utamanya kita mengshare pengalaman praktis wirausaha. Ada beberapa mahasiswa dibina dan dimentori oleh teman-teman Kadin, dan teman-teman usaha yang milenial. Ini juga merupakan suport dari program MPKM pada kampus-kampus merdeka," jelasnya mengakhiri perbincangan dengan awak media Analisa Post.


Dari pantauan awak media, beberapa kampus yang mengikuti acara tersebut menampilkan berbagai kreativitas. Kurang lebihnya ada 900 mahasiswa yang sudah melaksanakan sertifikasi dan uji kompetensi. 


Berharap dengan adanya Wiirausaha Merdeka ini, akan lahir ribuan tenaga kerja dan wirausaha yang berkompeten. Karena sejauh ini jumlah wirausaha Indonesia masih sangat kecil, hanya sekitar 3,5 persen hingga 4 persen dari total jumlah penduduk. (Che/Dna)


Dapatkan Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

390 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page