RSLI Hantarkan 6 Relawan Dokter Lanjut PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis)
top of page

RSLI Hantarkan 6 Relawan Dokter Lanjut PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis)


Foto : Dokpri

Surabaya, Analisa Post | Sabtu, 31 Juli 2021 merupakan hari istimewa bagi Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Pagi itu selepas morning report, dilaksanakan prosesi wisuda istimewa, kali ini bukan mewisuda penyintas covid-19, namum dilaksanakan wisuda berupa proses pelepasan relawan dokter umum yang selama ini bertugas dan mengabdi di RSLI untuk kemudian melanjutkan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) guna meningkatkan kapasitas dan perofesionalitas mereka dalam bidang ilmu kedokteran.


Enam relawan dokter umum yang diwisuda hari ini akan melanjutkan PPDS sesuai dengan bidang ilmu yang akan mereka tekuni. Mereka adalah (belakang, seragam biru dari kiri ke kanan) dr. Michael Jonathan (IlmuJantung), dr. Ngurah Arie Kapindra (Bedah Umum), dr. Inggrid Asali (Bedah Plastik), dr. Karisma Septari (Ilmu Penyakit Dalam), dr. Nastiti Imana (Imu Jantung), dan Dokter Mitha Ayomi (Anestesiologi).


Selama ini mereka telah bergabung menjadi relawan dokter di RSLI dan menjalankan pengabdian sepenuh hati untuk melayani dan menyembuhkan pasien covid-19 dari berbagai wilayah di Jawa timur dan Indonesia.


Segenap jajaran RSLI turut menghantar pelepasan keenam dokter tersebut. Penanggungjawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Sp.B., Sp. BTKV. dalam sambutannya menyampaikan selamat dan rasa bangga atas keberhasilan adik-adik dokter melewati ujian masuk PPDS.


Ia tidak keberatan dan justru mendorong dokter-dokter muda yang bertugas di RSLI untuk dapat segera mengakses dan menuju PPDS. “Saya bangga atas keberhasilan kalian dan dedikasi yang telah dibuktikan selama kerelawanan di rumah sakit ini hendaknya menjadi bekal dan landasan kalian semua untuk tetap mengadikan diri bagi kemanusiaan” pesan dr. Nalendra.

Foto : Dokpri

Dr. Erwin Astha Triyono, dr., Sp.PD., KPTI., FINASIM. Konsultan RSLI yang juga turut melepas enam relawan dokter memasuki jenjang PPDS, menyatakan rasa syukurnya. Selamat kepada para relawan dokter yang telah mengabdi di RSLI.


“Keberhasilan memasuki PPDS adalah juga berkah dari apa yang telah mereka tanam dan kerjakan selama ini, yakni melakukan tugas-tugas kemanusiaan membantu pemerintah mengatasi pandemi covid -19. Keberanian dan ketulusan mereka menjadi garda terdepan penangangan pasien covid-19 patut diapresiasi, dan dengan keberhasilan lolos memasuki PPDS menjadikan kami ikhlas melepasnya dari RSLI. Tugas di RSLI mungkin telah usai, tapi upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi untuk menjadi dokter spesialis guna melanjutkan tugas kemanusiaan telah menanti.” Papar Dr. Erwin.


Dengan pelepasan enam dokter umum ini, ia berharap dapat menginspirasi dan dilanjutkan oleh dokter umum lainnya di RSLI serta dapat menggerakkan dokter yang lain untuk bergabung menjadi relawan di RS yang ada dan selanjutnya dapat meretas jalan menuju PPDS.


Pada kesempatan tersebut, dr Ngurah Arie Kapindra, salah satu dokter yang akan melanjutkan PPDS, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak manajemen RSLI, teman sejawat para dokter, para perawat, admin dan relwan pendamping RSLI.

Foto : Dokpri

“Terima kasih kepada semuanya yang selama ini bersinergi di rumah sakit ini untuk bersama-sama memberikan layanan terbaik bagi pasien covid-19. Banyak pengalaman dan suasana kebatinan yang telah kami alami, rasakan dan menjadi hal yang tidak akan kami lupakan. Semua menjadi bekal dan semangat bagi kami menjalani dan menyelesaikan PPDS untuk selanjutnya bisa berbuat banyak menolong orang lain dari sisi medis/kedokteran. Doakan kami semoga segera menyelesaikan PPDS dan dapat menjadi dokter spesialis dan mengabdikan kembali untuk kemanusiaan” pungkas dr Arie.


Radian Jadid, Koordinator Relawan PPKPC-RSLI menjelaskan, selama satu tahun lebih RSLI beroperasi telah melibatkan 38 relawan dokter umum. Dan sebelum pelepasan 6 relawan dokter untuk melanjutkan PPDS, juga telah melepaskan 4 dokter umumnya untuk melanjutkan PPDS, yaitu dr. Jilvien (Bedah Plastik), dr. Ilona (Bedah Anak), dr. Michael Lusida (Ilmu Penyakit Dalam), dan dr. Claudia (Paru).


Dengan demikian RSLI telah turut serta menghantarkan sepuluh dokter umumnya untuk dapat melanjutkan jenjangpendidikan spesialis pada ilmu kedokteran yang dipilih masing-masing.“Semoga terus bermanfaat bagi umat manusia” harap Jadid.(Hms/Dna)

46 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page