Rumah Sakit Otak Dan Jantung Pertamina Royal Makassar Sukses Melakukan Operasi Bedah Jantung Perdana

Diperbarui: 3 Okt

Penulis : Ns. PanjiKu


Pada 3 September 2022, Rumah Sakit Otak & Jantung Pertamina Royal Biringkanaya Makassar telah berhasil melakukan operasi bedah jantung pertama. Operasi ini dilakukan pada pasien usia 55 tahun yang terdiagnosa 3 Vessel Coronary Artery Disease.


Secara sederhana, 3 Vessel Coronary Artery Disease ini adalah tersumbatnya 3 pembuluh darah koroner jantung. Sirkulasi darah yang tidak lancar di 3 pembuluh darah koroner ini sangat mengancam jiwa penderita karena ketidakcukupan pasokan darah untuk otot jantung itu sendiri dalam memompa darah keseluruh tubuh. Penumpukan plak kolestrol dalam pembuluh darah koroner ini merupakan penyebab utama dari penyumbatan itu.


Tindakan operasi jantung ini dilakukan oleh dr. Jayarasti Kusuma Sp.BTKV sebagai ketua tim bedah, sedangkan dr. Andi Adil, M.Kes,Sp.An-KAKV sebagai ketua tim pembisan. Prosedur operasi yang dilakukan adalah Coronary Artery Bypass Graft (CABG), dimana pembuluh darah koroner yang tersubat dibuatkan jalan pintas (bypass) agar darah dapat melewati bagian pembuluh darah koroner yang tersumbat. Graft yang digunakan pada umumnya diambil dari pembuluh darah di kaki pasien (Great Saphenous Vein / Vena Saphena Magna), yaitu pembuluh darah terpanjang pada tubuh manusia


Inilah upaya RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya dibawah naungan Kementerian BUMN Indonesia Healthcare Corporation (IHC) untuk dapat memecah antrian pelayanan pasien dengan gangguan jantung yang berada di kawasan Indonesia Timur. BUMN hadir untuk negeri.



Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#kesehatan #rspertaminaroyalmakassar,