Saifuddin Saleh Kabiro Analisa Post Aceh, Terpilih Jadi Ketua Adat Aceh Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE - analisapost.com | Musyawarah Daerah Majelis Adat Aceh Kota Lhokseumawe telah memilih Saifuddin Saleh, SH sebagai Ketua Majelis Adat Aceh ( MAA) Kota Lhokseumawe masa bakti 2023-2028.

Musda V MAA yang dibuka resmi Pj Walikota Lhokseumawe DR Imran M.Si dan disaksikan Ketua MAA Aceh Tgk Yusdedi, dan dihadiri 4 Pemangku Adat Kecamatan, 9 Imum Mukim, 22 Pengurus Pleno MAA masa bakti, 2018-2023, para Forum Geushik Gampong, dan Tokoh Adat Perorangan telah memberikan suara mayoritas Kepada Haji Saifuddin Saleh SH dan sekaligus menetapkan nya sebagai Ketua Formateur.


Pemilihan diikuti 3 Calon yaitu Haji A Jalil Hasan Ketua lama, Drs H M Nasir Aly, SE, Wakil Ketua, sedang Saifuddin adalah Wakil Ketua dan Ketua Bidang Hukum Adat sejak 2003 sd 2019.


Banyak pihak telah memberikan selamat kepada mantan Camat, Asisten I dan Kadis Kesehatan Kota Petro Dolar ini, meskipun masih ada tahapan Pembentukan Pengurus Lengkap dan Pengukuhan oleh Pemangku Adat yang dijadwalkan akhir Desember ini.

Tokoh sepuh Adat yang juga Pendiri dan Ketua MAA perdana periode 2002-2012 Haji Usman Budiman yang hadir dalam Pembukaan acara mengapresiasi hasil Musda.


Menurutnya "Saifuddin Saleh wajar memimpin MAA karena memenuhi tiga kriteria yaitu senior adat dan budayawan, dekat dengan kalangan Pemerintah Daerah, dan taat ibadah serta paham syariat Islam yang berlaku di Aceh".

Sementara Pj Walikota Lhokseumawe dalam membuka acara pagi Rabu lalu di Hotel Diana meminta Majelis Adat paham akan tugas Pemkot yang saat ini gencar dilakukan terutama terhadap isu Ketertiban dan Kebersihan menuju kota bermartabat.


Ada kawasan tertentu yang jadi tempat hiburan tidak beradab dan kegiatan tidak agamis seperti sekitar Waduk harus dipahami kalangan adat sebagai kawasan terpelihara dari kotor dan kumuh serta bebas kegiatan amoralitas.


" Ini adalah kota bersyariat, memelihara nilai peradaban serta melestarikan kearifan lokal dan rukun untuk semua". Ucap DR Imran yang juga Pajabat Non Aktif Sekretaris Dirjen Kesbangpol Kementrian Dalam Negeri.


Imran mengkonstatir pernyataan Tgk.Yusdedi Ketua MAA Aceh pada momen sama yaitu Lhokseumawe memiliki Pengurus Adat yang terbaik di Aceh sehingga dia terpilih menjadi Ketua tingkat Provinsi, dengan harapan MAA kota menjadi mitra kerja nya dalam membangun masyarakat yang damai.(Saifuddin Saleh)

137 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua