top of page

Saipul A. Mbuinga Sambut Baik Langkah Universitas Negeri Gorontalo Kerjasama London School

POHUWATO - analisapost.com | Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga sambut baik langkah dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kerjasama London School lakukan kajian pemetaan sosial ekonomi di kabupaten Pohuwato. Hal itu diungkapkan bupati ketika menerima Ketua Peneliti dari UNG, Dr. Yowan Tamu dan Prof. Ermiel Thabrani selaku Peneliti dari London School di rumah jabatan bupati, Senin, (6/6/2022).

Bupati ketika menerima Ketua Peneliti dari UNG, Dr. Yowan Tamu dan Prof. Ermiel Thabrani selaku Peneliti dari London School di rumah jabatan bupati (Foto: Zebal)

Sebagaimana diketahui, saat ini pihak UNG dan London School sedang melakukan kajian pemetaan sosial ekonomi di sekitar tambang yang ada di Pohuwato tujuannya agar terjadi harmonisasi antara perusahaan dan masyarakat khususnya penambang.


Bupati Saipul mengatakan bahwa di Pohuwato ada perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, sehingganya penelitian yang dilakukan oleh pihak UNG dan London School ini sangat diharapkan bisa berjalan dengan baik. Apalagi penelitian dilakukan oleh para ilmuwan dari UNG dan London School tentu memiliki keahlian dalam penelitian di lapangan.


“Besar harapan kami agar masyarakat yang ada di sekitar tambang khususnya bisa diperhatikan, dan dengan adanya penelitian ini semoga mereka bisa berkembang dalam usaha mereka”,ucap Bupati Saipul.


Sebelumnya Peneliti London School, Prof. Ermiel Thabrani menjelaskan bahwa pertemuan dengan bupati untuk buat studi tentang kesejahteraan masyarakat untuk membantu agar kedepannya terjadi harmonisasi antara perusahaan dengan masyarakat khsusunya penambang.


“Ia, kami dari pihak UNG dan London School membuat kajian untuk diserahkan ke pemda sebagia bagian dari sumbangan para ilmuwan, kami bagi-bagi ilmu”,terangnya. Ditambahkannya, "setelah hasil kajian ini selesai maka kami akan berikan naskah tersebut kepada bupati".


Sementara itu Dr. Yowan Tamu menambahkan, saat ini pihak UNG kerjasama dengan London School melakukan kajian pemetaan sosial ekonomi di kabupaen Pohuwato. Kerjasama ini terkait dengan ingin memetakan ekonomi masyarakat. “Kami lebih ke kesejahteraan masyarakat, tapi lokasinya di sekitar tambang. Kami ingin hasil kajian ini membantu pemerintah daerah yang ada di pohuwato untuk misalnya mengambil keputusan terkait pertambangan”,jelasnya.

Contohnya kata Dr. Yowan, ketika kami sudah petakan ekonomi masyarakat di Pohuwato, misalnya selain menambang masyarakat Pohuwato itu mungkin punya usaha yang lain semisal mereka petani, jadi ini yang kami lihat.


Petani harus di dorong, misalnya ingin meningkatkan produksi pertanian, ini perusahaan harus perduli, perhatian dan minimal mereka harus memberikan alat pertanian atau apa saja yang bisa meningkatkan produksi pertanian.


"Nah, kami disitu (lokasi pertambangan) sebenarnya lebih ke kesejahteraan, pekerjaan apa saja itu kami lebih ke kesejahteraannya karena kami ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar tambang."tutupnya mengakhiri. (Zebal)



Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

290 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page