top of page

Siswa SDN I Kaliasin Berhasil Lakukan Budidaya Tanaman Gulma

SURABAYA - analisapost.com | Banyaknya tanaman krokot disekitar rumah, menginspirasi Dhananjaya Putra Hidayat siswa SDN I Kaliasin Surabaya untuk berinovasi. Lewat tangan dinginnya, tanaman-tanaman tersebut dijadikan makanan ringan seperti stik krokot dan cireng. Sabtu (25/06/22)

Dhananjaya Putra Hidayat siswa SDN I Kaliasin Surabaya bersama Walikelas, Romlah (Foto: Div)

Kepada awak media Analisa Post, Dhana bercerita saat ditemui pada hari Jumat (24/6) ia tertarik membuat proyek ini karena tanaman tersebut tumbuh subur disekitar rumah, mudah dibudidaya dan belum banyak dimanfaatkan masyarakat.


Tanaman yang memiliki daun dengan bentuk kecil menyerupai sendok, juga memiliki bunga yang tumbuh ketika memasuki musim hujan. Warna bunga dari tanaman krokot sangat bervariasi dan terlihat menarik.


Habitat tanaman ini sangat unik karena mudah ditemui dan tumbuh secara liar. Karena hal itu, dengan keingintahuan yang tinggi, akhirnya ia mencari tahu manfaat tanaman tersebut dan mengolahnya.


"Saya sudah berhasil membudidayakan tanaman krokot sebanyak 3674 bibit dan sudah sosialisasi kepada 956 warga sekolah dan juga dikampung binaan yang berada di jalan Darmawangsa." Kata Dhana


Bocah yang senang bermain Ludruk dan sempat mendapat juara pertama tingkat provinsi, meskipun terlihat lelah diraut wajahnya, ia tetap semangat menjalankan aktivitasnya.


Meskipun tanaman krokot jarang diketahui dan sering dianggap tanaman liar yang tumbuh secara sembarangan, namun di tangan siswa ini menjadi sesuatu yang berbeda. Ia juga mengatakan,"Saya juga sudah membuat stik krokot dan cireng dan di jual ke teman-teman sekolah."ceritanya.


Saat ditanya terkait manfaatnya, siswa yang duduk di bangku SD kelas 5 ini menjelaskan," Manfaat krokot ini bisa mencegah kanker, mencegah ambein, juga bisa menurunkan berat badan."jelas bocah kecil yang memiliki badan subur dengan perawakannya yang gagah.


Romlah walikelas Dhana juga menjelaskan khasiat tanaman krokot dan tanaman ini bisa diolah menjadi sesuatu yang enak. Selain rasanya yang enak, tanaman ini juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi bagi siapa saja.

"Kami dari sekolah sangat mensuport dan mulai sekarang mempersiapkan mencari rekanan kerjasama untuk memperkenalkan produk krokot ini." Ujar wanita cantik guru SDN kelas 5 saat diwawancarai awak media Analisa Post.


"Tujuan utama kita mendidik anak-anak mengikuti kegiatan ini adalah supaya tertanam dihatinya untuk memelihara dan menjaga lingkungan hidup. Asal mau telaten, pasti sangat mudah." Jelasnya.


"Selain itu, tujuannya untuk mengurangi kegiatan siswa bermain game. Saran saya buat anak-anak yang baru bergabung dan ingin belajar berinovasi, jangan putus asa dan tetap semangat." tutupnya mengakhiri. (Dna)



Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

229 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page