top of page

Temu Pers Dirumah Dinas Bupati Taput Dirangkai Dengan Sosialisasi DTKS

TAPUT - analisapost.com | Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hendrik Taruna Surbakti dan Kepala Dinas Sosial Bahal Simanjuntak menghadiri kegiatan temu pers yang dirangkai dengan Sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara. Selasa, (27/12/22).

Dalam arahannya, Bupati Nikson Nababan mengajak para insan pers untuk berkolaborasi membangun Kabupaten Tapanuli Utara khususnya dalam hal mengedukasi masyarakat terkait informasi dalam pelaksanaan pembangunan.


"Dalam pelaksanaan pembangunan di Tapanuli Utara Pemerintah tetap berupaya untuk memperbaiki kekurangan, untuk itu kami mengajak rekan-rekan jurnalis untuk memberikan saran dan masukan yang membangun.


Mari duduk bersama, bermusyawarah untuk mufakat dalam mencari solusi dalam mengatasi permasalahan yang dialami masyarakat. Khususnya terkait DTKS, masih banyak data masyarakat yang belum masuk ke DTKS karena belum memperbaharui dokumen kependudukannya, mari sampaikan edukasi kepada masyarakat kita untuk memperbaharui data kependudukannya agar penyaluran bantuan sosial dari Pemerintah dapat tepat sasaran," ajak Bupati Nikson Nababan mengawali arahannya.


Bupati menambahkan bahwa pembangunan alun-alun kota Tarutung bertujuan sebagai ikon edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda.


"Keterbatasan anggaran kita selama ini mengakibatkan prioritas pada pembangunan jalan dan jembatan serta irigasi di Desa. Saat ini kita tahu bahwa Desa-Desa di Kabupaten Tapanuli Utara sudah merdeka dari keterisoliran. Saya melihat bahwa Kota Tarutung perlu memiliki sebuah ikon Taman Edukasi agar masyarakat dapat belajar tentang kebersihan, kelestarian alam dan budaya serta menerapkannya dalam keluarga masing-masing," jelas Bupati.


Diakhir arahannya, Bupati mengajak para jurnalis untuk terus bekerja keras memperjuangkan pendirian Universitas Umum Negeri di Kabupaten Tapanuli Utara. "Sudah dilakukan berbagai kajian dan diskusi dengan berbagai pihak khususnya para akademisi, ditemukan bahwa salah satu yang dapat menjadi pemicu percepatan pembangunan di Tapanuli Raya adalah kualitas SDM yang baik. Peningkatan Kualitas SDM dapat dicapai dengan berdirinya Universitas Umum Negeri di Kabupaten Tapanuli Utara yang juga akan menimbulkan efek berganda khususnya peningkatan ekonomi dan pariwisata.


Oleh karena itu, mari kita terus berjuang dan menanyakan kepada Pemerintah Pusat tentang kapan Perpres-nya dikeluarkan.Dalam laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hendrik Taruna menyampaikan bahwa pelaksanaan temu pers kali ini merupakan pertemuan kedua pada tahun 2022 ini.


“Kita harapkan kedepannya tercapai tujuan pertemuan ini sebagai salah satu sarana penyampaian informasi pelaksanaan pembangunan di Tapanuli Utara termasuk untuk meningkatkan kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dengan insan pers dalam melaksanakan fungsinya sebagai kontrol sosial serta dalam penyampaian edukasi kepada masyarakat untuk menangkal hoaks,” ucap Kadis Hendik Taruna.


Selanjutnya, dalam paparan Kepala Dinas Sosial Bahal Simanjuntak menjelaskan Mekanisme Pemberian Bantuan Sosial kepada masyarakat berbasis DTKS.


"Permasalahan paling sering terjadi dalam masyarakat adalah ketidaksesuaian data kependudukan. Contohnya, Nama di KTP berbeda dengan di Kartu Keluarga, Kartu Keluarga masih versi yang lama dan belum diperbaharui. Oleh karena itu, kami mengajak para rekan insan pers untuk mengajak masyarakat agar memperbaharui data kependudukannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil," papar Bahal Simanjuntak.


Dalam kesempatan sebelumnya, ketua PWI Bonapasogit Alfonso Situmorang, ketua SMSI Tapanuli Utara Jan Piter Simorangkir dan ketua SPRI Tapanuli Utara turut menyampaikan sambutan dan memberikan apresiasi atas terlaksananya pertemuan tersebut terutama kepada Bupati Nikson Nababan atas perhatian dan inovasi yang dilakukan selama kepemimpinannya dalam membangun Tapanuli Utara serta mengajak para insan pers untuk bekerja lebih profesional dan selalu menerapkan etika jurnalistik.(Norris Hutapea)

54 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page