UMKM Harus Manfaatkan Keberadaan Koperasi Untuk Membangkitkan Ekonomi
top of page

UMKM Harus Manfaatkan Keberadaan Koperasi Untuk Membangkitkan Ekonomi

SURABAYA - analisapost.com | Perokonomian sempat tidak berjalan akibat adanya virus corona - 19. Bahkan banyak perusahaan yang gulung tikar dikarenakan usahanya tidak berjalan.

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari meminta pelaku koperasi mendorong keterlibatan anak muda dalam gerakan koperasi di era digitalisasi.(Foto: Div)

Disamping itu imbasnya juga dirasakan oleh para pelaku umkm. Yang mana era digitalisasi membawa dampak perubahaan. Dimana pengusaha kecil otomatis harus belajar dan mengikuti perkembangan jaman.


Untuk itu dalam meningkatkan ekonomi, maka digelar Bazar dan Workshop secara hybrid dengan menampilkan prouk-produk UKM anggota koperasi di balai Pemuda dan Convention hall selama dua hari 28-29 maret 2022 dimulai pukul 10.00-19.00 WIB.


Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Dr.Sri Untari Bisowarno, M.Ap meminta koperasi harus membangkitkan diri. Tujuanya agar tidak kuno. Caranya dengan melibatkan anak muda berikut digitalisasi


"Koperasi harus maju dan meningkatkan kualitas lembaga ekonomi rakyat. Caranya dengan digitalisasi dan membangun integritas diri." ujar Sri Untari di sampaikan secara hybrid saat membuka Webinar dan bazar bulan Padat karya koperasi. Senin(28/03/22)


Masih menurut Untari koperasi tidak hanya berhenti pada konsep penjualan konvensional saja. Tetapi juga memanfaatkan digital market place. "Tanpa berkoperasi, itu tidak boleh. karena LPDB hanya untuk koperasi."jelasnya.


Perlu diketahui saat ini koperasi sudah memiliki start up Co-op yang dapat digunakan diseluruh Indonesia. Dimana fungsinya untuk beli pulsa, sedangkan market placenya lagi dikembangkan berikut susunnya datanya.

Foto : Div

Sebagai ketua Umum Dekopin keikutasertaan UMKM bersama koperasi itu perlu dilakukan agar UMKM lebih berkembang."Ada sekitar 1800 koperasi di Surabaya. Mana yang aktif dan mana yang tidak harus dibina."Tegasnya


Pada kesempatan ini Untari menyapaikan bahwa, berdasarkan Permenkop No. 9 Tahun 2020, UMKM ini harus didorong masuk koperasi untuk mendapatkan fasilitas pendanaan dari Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) dan itu harus masuk UMKM dan menyarankan agar koperasi-koperasi kecil bisa bergabung menjadi satu.


Disisi lain Ketua Dekopinda Dr Heru Suprihhadi juga mengatakan,"SDM, Leadership, system, jejaring merupakan hal penting untuk meningkatkan koperasi." ucapnya.


Kegiatan ini dihadiri ketua PKK Surabaya Rini Indriyani, dari akademisi Dr. Heru Suprihhadi,S.E,.M.S.,C.P.M juga sebagai Ketua Dekopimda kota Surabaya dan berjalan dengan lancar sesuai dengan protokol kesehatan.(Che/Dna)




545 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page