top of page

Wafatnya Si Ayam Jantan Dari Timur

Editor: Redaksi



Gerakan Sadar Sejarah

Respect The Past – Create The Future

Oleh: Ns. PanjiKu

Pada 12 Juni 1970, Sultan Hasanuddin wafat dalam usia 39 tahun. Sultan Hasanuddin dimakamkan di Katangka, Kabupaten Gowa. Sultan Hasanuddin adalah Raja Gowa ke-16 yang terlahir dengan nama Muhammad Bakir I Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape.Sultan Hasanuddin memerintah Kerajaan Gowa mulai tahun 1653 sampai 1669. Kerajaan Gowa adalah merupakan kerajaan besar di Wilayah Timur Indonesia yang menguasai jalur perdagangan.

Pada pertengahan abad ke-17, Belanda berusaha memonopoli perdagangan rempah² di Gowa. Belanda memaksa pribumi menjual dengan harga yang ditetapkan oleh mereka, selain itu Kompeni menyuruh tebang pohon pala & cengkih di beberapa tempat, supaya rempah² tidak terlalu banyak. Sultan Hasanuddin menolak keras kehendak itu dengan berucap kepada Belanda "marilah berniaga bersama-sama, mengadu untuk dengan serba kegiatan". Sultan Hasanudin berucap demikian karena banginya cara yang demikian itu adalah kezaliman. Namun Belanda tidak mau, sebab Belanda telah melihat besarnya keuntungan di Gowa.

Pada tahun 1667, Belanda di bawah pimpinan Cornelis Speelman menyerang Makassar hingga pada akhirnya Kerajaan Gowa terdesak & semakin lemah. Kondisi ini membuat Sultan Hasanuddin dengan terpaksa menandatangani Perjanjian Bungaya pada 18 November 1667 di Bungaya. Gowa yang merasa dirugikan melakukan perlawanan lagi pada 1669. Namun perang itu membuat Belanda berhasil menguasai benteng terkuat Gowa (Benteng Somba Opu) pada 24 Juni 1669. Karena keberaniannya, Belanda menjulukinya sebagai De Haantjes van Het Osten (Ayam Jantan Dari Timur). Atas kegigihan melawan kolonialisme di Indonesia, Sultan Hasanudin diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia melalui Surat Keputusan Presiden No. 087/TK/1973, tanggal 6 November 1973.


Untuk mengenang jasa-jasanya, nama Sultan Hasanudin diabadikan pada:

  1. Perangko

  2. Kodam XIV/Hasanuddin

  3. Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

  4. Universitas Hasanuddin


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com


791 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page