top of page

Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing dan Lelangit Kembali Digelar

POHUWATO - analisapost.com | Pemda Pohuwato kembali akan menggelar bakti sosial operasi bibir sumbing dan lelangit tahap kedua pada pertengahan Agustus mendatang. Rencana tersebut sebagaimana terungkap pada rapat koordinasi dan evaluasi persiapan pelaksanaan bakti sosial operasi bibir sumbing di ruang pola kantor bupati yang dipimpin Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Asisten Pemkesra, Arman Mohamad dan Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh serta diikuti para camat, kepala puskesmas dan dokter spesialis, Jum’at, (24/6/2022).

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Asisten Pemkesra, Arman Mohamad dan Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh

Bupati Saipul Mbuinga sangat mengapresiasi dan berterima kasih banyak atas inisiasi yang telah diatur rangkaian lanjutan operasi bibir sumbing tahap kedua. “Ini adalah berkat kunjungan kami ke Unhas pada bulan lalu yang bertemu langsung dengan rektor dan civitas akademika yang Alhamdulillah pihak Unhas kembali dan siap melakukan operasi bibir sumbing di pohuwato pada tahap dua ini pada Agustus mendatang”,jelasnya.


Lanjut Bupati Saipul, rencana pelaksanaan operasi bibir sumbing akan dilaksanakan di Rumah Sakit Pratama Lemito. Dipilihnya rumah sakit itu karena rangkaian HUT Proklamasi RI tingkat kabupaten pohuwato pada tahun ini digelar di wilayah barat, sehingga ini adalah bentuk penghargaan kita semua terhadap wilayah barat. Apalagi lima kecamatan di bagian barat itu merupakan calon daerah otonom baru”,pungkas bupati.


Untuk itu, segala kesiapan, kebutuhan serta lainnya baik terhadap dokter atau pihak Unhas Makassar yang akan melakukan operasi bibir sumbing sampai kesiapan anak-anak yang dioperasi beserta hal lainya kiranya disiapkan, sehingga tiba waktunya semua sudah steril termasuk membentuk panitia lokal yang ada di pohuwato.


“Kiranya ini menjadi perhatian kita semua termasuk dukungan dari pemerintah kecamatan, puskesmas dan masyarakat itu sendiri. Karena setelah operasi tahap kedua ini kemungkinan kedepan belum ada. Olehnya manfaatkan waktu yang ada saat ini termasuk kelibatan pemerintah desa dan puskesmas untuk mengunjungi masyarakat sampai menemukan anak-anak yang mengalami penyakit bibir sumbing”,ungkap Bupati Saipul Mbuinga.


Sebelumnya, Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh menjelaskan, terkait persiapan pelaksanaan operasi bibir sumbing kedua ini merupakan tindaklanjut dari hasil kunjungan pak bupati ke Unhas, Makassar bulan lalu. Alhamdulillah, rencana yang telah dilaksanakan oleh pemda pohuwato disambut baik.

“Semangat dan keberhasilan kita pada tahap pertama sangat diapresiasi. Untuk itu sebagai apresiasi mereka, kembali kita diberi jatah untuk kedua kalinya pada tahun ini”,terangnya.


Menurut Irfan, untuk pelaksanaan operasi sudah teragendakan pada 19 sampai 20 Agustus, tim akan datang pada 18 Agustus. Data sementara yang akan dioperasi sejumlah 26 orang dan kemungkinan akan bertambah.


Apalagi pak bupati akan mengomunikasikan dengan dua daerah tetangga yakni pemda boalemo dan pemda parimo untuk ketersediaan mereka mengikuti atau menghadirkan anak-anak yang mengalami bibir sumbing di dua daerah tersebut.(Zebal)



Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#baktisosial #operasibibirsumbing

73 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua