Belajar Kehidupan Dari Seni dan Estetika di Bengkel Bonsai Mukidi

Diperbarui: 24 Feb


BOJONEGORO - analisapost.com | Siapa yang tidak mengenal Bonsai. Tanaman ini mempunyai keindahan. Di negara asalnya Jepang mempunyai seni dan nilai jual yang tinggi. Seni yang diciptakan manusia dan memiliki nilai estetika. Senin (26/07/2021)


Dimana seni ini diajarkan nilai-nilai kesederhanaan dan kealamian. Tanaman Bonsai atau pengkerdilan pohon, tidaklah banyak peminatnya dikarenakan membutuhkan kesabaran dan harus memahami teknik-teknik cara membudidayakan seperti yang dilakukan pada Bengkel Mukidi ini.


Bengkel Bonsai Mukidi milik Mukidi di jalan panglima Polim, gang Sawahan, Kelurahan Sumbang, Kecamatan Bojonegoro adalah tempat dimana warga yang ingin belajar mengenai cara membuat Bonsai, pohon yang di kerdilkan di dalam pot dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk aslinya yang dikelola oleh putra daerah asal Bojonegoro bersama seniman Bonsai mas Happy.


Saat Analisa Post datang mengunjungi, Pria yang menekuni tanaman Bonsai sejak tahun 2005 mengatakan,"Mengapa kami berhastag "Bojonegoro Berbonsai", karena bahan dasar di Bojonegoro itu banyak mas. Karena kalau mencari bahan di Bojonegoro 30-40 % itu sudah tinggal ambil dari dongklel." Ujarnya.


"Kita tinggal motong dan menyeimbangkan saja. Prosentasenya sudah dapat dan itu di lahan-lahan tegal, di rawa atau pinggir hutan, sebagai gulma, pengganggu. Jadi manfaatkan gulma. Karena buat petani itu di buang. Sebab mereka tidak tau nilai estetikanya." Paparnya tersenyum ramah kepada awak media Analisa Post.

Foto : Div ( Berbincang-bincang di Bengkel Bonsai Mukidi)

Pria berambut gondrong menambahkan,"Kami menganjurkan bisa belajar bonsai dan membudidayakan disini. Dengan hasil budidaya itu nanti, kita bisa mengembangkan, memprogram, kita cangkok, kita stek akhirnya tidak akan habis mas."


"Untuk bisa menanam Bonsai itu harus kita senang dulu, setelah itu punya dasar seni. Tetapi yang utama sesuai proses dengan jam terbang dan mau belajar, pasti bisa." Tegas pria unik ini. Saat di tanya tentang kesulitan belajar menanam bonsai.


Mukidi seorang penggagas selalu memberi ilmu kepada warga yang ingin belajar di dampingi seniman bonsai mas Happy, menyampaikan bahwa Bengkel Bonsai ini adalah wadah teman-teman untuk berkarya dan meningkatkan perekonomian bagi yang ingin berbisnis di bidang Bonsai.


Keinginan putra daerah ini untuk mengangkat Kabupaten Bojonegoro menjadi Kabupaten yang kreatif, patut diancungi jempol. Untuk koleksi tanaman Bonsai sudah ada 1000 lebih tanaman termasuk pembibitan.


Sambil mengepulkan asap rokoknya, Mukidi mengatakan, "Harga bonsai disini tidak mahal. Yang mahal itu karakter dari bonsai." Tuturnya.


Ada empat karakter Bonsai yang menjadikan pohon ini mahal yaitu keseimbangan, kematangan dan penjiwaan. Berdasarkan bentuk dasarnya ada tegak lurus, tegak berkelok-kelok, miring, batang bergelung, menonjolkan akar dan lain-lain.

Foto : Div (Salah satu bonsai di bengkel Mukidi, yang mendapatkan penghargaan)

Bagi warga Bojonegoro atau pun di luar daerah yang ingin belajar mengenai bonsai, bisa datang ke Bengkel Bonsai Mukidi gratis. Siapapun boleh datang dan belajar asal dengan keinginan dan keseriusan.


Dalam Hal ini bisa di ambil kesimpulan dan menunjukan bahwa di dalam karya seni bonsai, terdapat nilai-nilai ajaran yang luhur yaitu kesederhanaan, alami, nilai rasa dan nilai kedewasaan. Sehingga menghasilkan nilai estetika yang tinggi.


Dari informasi yang di dapat Analisa Post, dapat diartikan bahwa, bonsai itu tanaman yang tumbuh di dalam pot. Namun tidak semua tanaman di dalam pot itu bonsai. Maka dari itu untuk memperoleh bentuk dari bonsai yang sempurna memerlukan jangka waktu yang panjang. Selain itu membutuhkan kreativitas, kesabaran, ketekunan serta kecintaan. Dalam kehidupan pada masa pandemi ini, kita bisa belajar dari bonsai.


Jika digabungkan dalam kehidupan, ilmu yang bisa di ambil pesan moralnya adalah, kita semua tau pada masa pandemi ini, banyak orang yang setress, depresi hingga meninggal. Seni bonsai adalah seni kehidupan. Tentunya ini bagus untuk pemulihan jiwa dan kesehatan di masa-masa pagebluk yang terjadi pada bangsa kita. Nah bagi yang ingin mengetahui tentang bonsai bisa hubungi 081330523678 (Dna/Che)



64 tampilan0 komentar