Universitas Dinamika
top of page

Bertajuk Transformasi Digital, Wisuda ke-53 Universitas Dinamika Siap Menuju Dunia AI


Wisuda ke-53 Universitas Dinamika Siap Menuju Dunia AI
Wisuda ke-53 Universitas Dinamika Siap Menuju Dunia AI (Foto: Istimewa)

SURABAYA - analisapost.com | Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) akan menyelenggarakan acara Wisuda ke-53. Acara akan dimulai pada pukul 07.30 – 12.00 di Arena Prestasi lantai 9 gedung Universitas Dinamika.


Wisuda ke-53 ini mengusung sebuah tema, yaitu ‘Transformasi Digital: Perjalanan Wisudawan Menuju Dunia AI’. Antok Supriyanto, selaku Ketua Umum Wisuda ke-53, menjelaskan bahwa dengan pemilihan tema ini, diharapkan para wisudawan dapat bersiap dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang makin maju seperti saat ini. “Kami telah mempersiapkan para wisudawan agar bisa beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi, yang saat ini juga marak yaitu AI (artificial intelligence),” ujar Antok.


Terdapat banyak hasil karya inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi yang diciptakan oleh para wisudawan yang lulus di Wisuda ke-53 ini, khususnya karya salah satu wisudawan dari program studi (prodi) Teknik Komputer yang bernama Abdul Yazid.


Wisudawan yang akrab dipanggil Yazid ini menciptakan beberapa karya yang memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini, seperti sistem kendali robot smart car menggunakan penginderaan gestur tangan dan smart budikdamber (budidaya ikan dalam ember) menggunakan Internet of Things (IoT).


“Dengan AI, kita bisa membuat karya-karya yang dapat memudahkan pekerjaan manusia,” ujar Yazid, yang memanfaatkan teknologi AI, robot smart car yang ia buat.


Ia juga bercerita tentang pengalamannya saat ia pertama kali masuk ke Universitas Dinamika yang tidak memiliki bekal apapun tentang Teknik Komputer.


“Saya tidak memiliki basic tentang teknik, tapi saya sudah memiliki hobi seputar elektro dan merakit robot. Maka dari itu, saat saya diterima melalui beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Universitas Dinamika, saya bisa menekuni hobi saya,” ucap Yazid.


Dari bekal pengetahuan yang telah ia emban selama berkuliah di Universitas Dinamika, ia berhasil meraih juara 2 di perlombaan Indonesian IoT Career Fair tahun 2023 serta menerima hibah program pembinaan mahasiswa wirausaha Kemendikbudristek di tahun 2022.

Acara Wisuda digelar  di Arena Prestasi lantai 9 gedung Universitas Dinamika
Acara Wisuda digelar di Arena Prestasi lantai 9 gedung Universitas Dinamika (Foto: Istimewa)

Di Wisuda ke-53 ini, Yazid berhasil menjadi wisudawan terbaik di Teknik Komputer dengan IPK 3.93 dan menempuh masa studi 3,5 tahun.


Yazid tentunya sangat berterima kasih kepada para dosen-dosen di prodi Teknik Komputer yang telah membimbingnya sejak zaman Covid hingga ia lulus. Yazid juga akan memberikan sambutan wakil wisudawan di hari Sabtu nanti.


Selain itu, akan ada penyampaian orasi ilmiah oleh Deny Aryanto, selaku General Manager di PT Telkom Surabaya Selatan. Deny akan menyampaikan orasinya selama 30 menit dengan judul ‘Digital Transformation in Telco Company’, yang bersinggungan dengan tema besar Wisuda ke-53.


Editor: Dewi

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page