top of page

Diskop Jatim Gelar Lomba Rangkul Milenial Koperasi Zaman Now

SURABAYA - analisapost.com | Dalam rangka menyambut Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) Ke-76 yang jatuh pada tanggal 12 Juli nanti, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan lomba koperasi siswa SMA dan SMK Se-Jatim secara online diikuti oleh 20 Koperasi Siswa dari 44 Koperasi yang mendaftar di ruang R. Arya Wiriaatmadja, Selasa (4/7/23)

lomba koperasi siswa SMA dan SMK Se-Jatim
Lomba koperasi siswa SMA dan SMK Se-Jatim secara online (Foto: Div)

Acara Bootcamp mengusung tema "Gen Z Bangga Berkoperasi" dilaksanakan selama dua hari tanggal 3 sampai 4 Juli 2023 dimulai pukul 08.00 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, ibu Dr. Andromeda Qomariah, M.M.


Menurut Kepala Dinas Koperasi, Dr. Andromeda Qomariah,MM, yang disampaikan dalam press release kepada awak media AnalisaPost, "kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan pemahaman generasi muda akan koperasi, menumbuhkan bibit-bibit wirausahawan, dan menjadikan koperasi sebagai salah satu pilihan terbaik bagi generasi muda dalam membangun bisnisnya," ujarnya.


"Dengan tujuan mengenalkan kembali koperasi kepada generasi milenial bisa menjadi langkah awal untuk mulai melakukan rebranding dari koperasi yang terkesan jadul dan konvensional menjadi koperasi modern," jelasnya.


Dari informasi yang didapat potensi Demografi di Jawa Timur untuk generasi milenial dan generasi Z hampir 50%, dan saat ini koperasi milenial baru berada di 6 kota di Jawa Timur yakni di Kabupaten Probolinggo, Kota Madiun, Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Ngawi. Maka dari itu perlu digalakan kembali Gerakan Sadar Koperasi agar generasi-generasi tersebut memahami dan tertarik bergabung dengan koperasi melalui lomba.


Sudah ada 20 koperasi siswa yang lolos seleksi, dari 44 kopsis yang mendaftar pada Lomba koperasi siswa tahun 2023 ini. Nantinya 20 kopsis ini akan mengikuti prosesi bootcamp online berupa pembekalan ilmu tentang perkooperasian, presentasi pitching desk dari tiap kopsis, hingga prosesi penjurian. Acara Bootcamp akan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juli 2023, yang akan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, ibu Dr.

Bekalan ilmu tentang perkooperasian, presentasi pitching desk dari tiap kopsis, syarat dan ketentuan dalam mengikuti lomba adalah para peserta siswa SMA/SMK yang tergabung dalam koperasi siswa di sekolahnya, tiap peserta terdiri dari 2 kelompok dengan mengirimkan portofolio koperasi siswa.


Untuk Narasumber sesi 1 adalah, Fadhila Kresna sebagai Ketua Koperasi Digital Muda Mudi, dan Valentinus, CEO Keliling Kumang.


Narasumber dan juri sesi ke 2 Atik Purmiyati,SE,M. M.SI, PH.D Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Anis Sa'adah, S.Sos. ICCI dan dari Dinas Pendidikan Prov.Jatim, Dra Warsiyati.


Dengan diadakannya lomba dari generasi milenial dan Z yang adaptif terhadap teknologi, berharap akan muncul ide-ide segar bisnis dan tercipta minat generasi muda untuk berwirausaha dan juga regenerasi koperasi.(Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page