Fakultas Teknik UKWMS Lantik 34 Insiyur Baru
top of page

Fakultas Teknik UKWMS Lantik 34 Insiyur Baru

SURABAYA - analisapost.com | Sebanyak 34 insinyur baru dari Program Studi Profesi Insinyur Fakultas Teknik dilantik. Pelantikan periode I dilaksanakan pada hari Sabtu, (25/3/23) bertempat di Gedung Auditorium Widya Mandala (Widya Mandala Hall) Lt 2 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jl.Kalisari Selatan 1, Pakuwon City Surabaya.

Prosesi pelantikan ditandai dengan penyerahan sertifikat dan penyematan atribut berupa helm insinyur (Foto: Div)

34 insiyur dari Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dalam pelantikan dari jalur RPL, 34 orang, Mahasiswa yang memiliki kartu tanda anggota PII, 36 orang, Mahasiswa yang memperoleh sertifikat insinyur profesional 9 orang, mahasiswa yang telah mempunyai tanda prestasi insinyur SPSI 13 orang, total yang lulus 128 mahasiswa.


Kegiatan dibuka dengan doa sebagai ucapan puji syukur atas terselenggaranya pelantikan, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, diikuti menyanyikan Hymne Widya Mandala dan dilanjutkan menyanyikan Hymne Persatuan Insinyur Indonesia.


Agenda berlanjut dengan pembacaan Surat Keputusan Dekan tentang Penetapan Insiyur UKWMS angkatan 2022/2023 semester gangsal diikuti 128 dengan proses pelantikan dilakukan oleh Prof.Ir.Felycia Edi Soetaredjo,S.T.,M.Phil.,Ph.D.,IPU.,ASEAN.Eng. dan pengambilan sumpah Insinyur oleh Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia yang diwakilkan Sekretaris Jendral Persatuan Indonesia oleh: Ir. Bambang Goeritno, M.Sc.,MPA.,IPU


Prosesi pelantikan ditandai dengan penyerahan sertifikat dan penyematan atribut berupa helm insinyur oleh rektor sebagai tanda awal perjalanan, peserta pelantikan sebagai seorang insiyur dan resmi menyandang gelar insiyur (ir.) di depan nama mereka.


Dekan Teknik Prof.Ir.Felycia Edi Soetaredjo,S.T.,M.Phil.,Ph.D.,IPU.,ASEAN.Eng dalam sambutannya mengatakan capaian gelar insinyur semakin meningkatkan profesionalisme. Ia menjelaskan, pendidikan profesi sendiri merupakan bagian dari mata rantai nilai keinsinyuran dalam peta jalan menuju profesi yang diakui di tingkat dunia.


Profesi keinsinyuran, menurutnya memegang peran penting dalam mencari solusi bagi persoalan yang ada di tengah masyarakat.


"Kami ucapkan selamat kepada para peserta pelantikan. Melalui program insiyur, peserta tidak hanya mendapatkan sertifikat, memperoleh gelar insiyur, tetapi siap mengabdi untuk membangun negara, membangun kedaulatan bangsa di bidang teknologi dan menjujung tinggi marwah profesi insinyur Indonesia," ujarnya.

Sebanyak 34 insinyur baru dilantik pada periode I tahun 2022/2023 yang dilaksanakan pada hari Sabtu (Foto: Div)

Sementara itu Rektor UKWMS, Drs.Kuncoro Foe,G.Dip.Sc.,Ph.D.,Apt menyampaikan insinyur harapan besarnya terhadap lulusan insinyur untuk dapat menyumbangkan kontribusinya dalam mengharumkan nama bangsa di kancah dunia di mana saat ini merupakan tonggak utama dalam pembangunan bangsa.


"Sungguh bahagia dan sangat spesial untuk bisa menyaksikan dan menghadiri pelantikan 34 insinyur baru. Acara pelantikan dan sumpah adalah sesuatu hal yang menandai suatu kehidupan manusia, khususnya mereka yang punya kompetensi dan panggilan untuk berkiprah dalam suatu pengabdian profesi," ujar Rektor UKWMS.


"Tentu ini adalah luar biasa apalagi disertai penggambilan sumpah. Dengan lahirnya insinyur-insinyur baru dari Program Studi Profesi Insinyur, dapat menyumbangkan ilmu serta kemampuannya dalam mengakselerasi pergerakan pembangunan dan ekonomi memasuki era baru," jelasnya.


Senanda dengan Rektor, atas nama PII, Sekretaris Jendral, Ir. Bambang Goeritno, M.Sc.,MPA.,IPU mengungkapkan bahwa gelar insinyur sesuai amanat Undang-Undang dan dapat menjalankan praktik keinsinyurannya di seluruh tanah air. Ia menekankan agar para insinyur siap untuk memenangkan persaingan global.


Tak sampai disitu, Bambang Goeritno mengingatkan bahwa tahapan ini bukanlah akhir dari perjalanan seorang insinyur, perjalanan panjang dalam karir masih menunggu di depan sesuai dengan apa yang tertuang dalam tingkatan insinyur pada Persatuan Insinyur indonesia.


"Hari ini kita menyaksikan pengambilan sumpah atau pelantikan insinyur baru program studi program profesi insinyur dari universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Ini merupakan sangat penting bagi para insinyur yang akan mengarungi dunia profesionalisme yang siap kerja bagi yang baru. Tetapi ada juga yang dari jalur rekongnisi pembelajaran lampau," paparnya.

Foto bersama seusai pelantikan (Foto: Div)

"Dalam rangka kita membangun profesionalisme, membangun insan insinyur-insinyur yang unggul berdaya saing, diharapkan bisa mampu menjadi orang-orang yang siap untuk bertanding di dunia internasional dan PII akan membantu. Karena tanpa profesional, mereka akan sulit untuk bersaing," tuturnya di sampaikan ke awak media Analisa Post saat di konfirmasi.


Dr.Ir.Ivan Gunawan,S.T.,M.MT.,CSCM., IPM., ASEAN Eng. sebagai kaprodi profesi insinyur juga turut memberikan apresiasi kepada UKWMS yang telah secara konsisten menyelenggarakan program profesi insinyur.


" Saya mengajak insinyur Indonesia agar tidak ketinggalan, mempersenjatai diri dengan kompetensi yang relevan dengan situasi dan kondisi. Keinsinyuran memainkan peran yang penting dalam mengarahkan peradaban di sepanjang sejarah," ungkapnya.


Mewakili insiyur baru, Ir. Ferdy Gosal, S.T., IPM. pada pesan dan kesan mengatakan capaian gelar insiyur semakin meningkatkan dirinya sebagai insinyur teknik periode I tahun 2023 dari lulusan profesi.


"Kami akan lebih profesional ikut membangun sumber daya manusia secara berkelanjutan," tutupnya mengakhiri.(Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

343 tampilan0 komentar
bottom of page