Hairudin Usman "Dampak Pertambangan Berakibat Fatal Pada Volume Air Bersih" Katanya


Foto : istimewa

GORONTALO - analisappost.com | Hairudin Usman "Dampak pertambangan berakibat fatal pada volume air bersih" Katanya


Masyarakat Desa Taluduyunu Utara Kecamatan Buntulia Keluhkan krisis air bersih mendapatkan tanggapan dari Direktur PDAM Tirta Malango (perumda), Hairudin Usman, Rabu (22/12/2021).


Direktur PDAM Hairudin Usman persoalan air yang disebabkan oleh kesalahan para penambang yang bekerja di Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia. Hal itu yang membuat pipa air tersumbat dan tidak mengalir ke rumah-rumah warga.


Sebelumnya air yang di keluhkan oleh warga tersebut, kata Hairudin sangat lancar, tidak memiliki kendala apapun. Namun setelah dilakukan kerusakan di hulu ini, maka terjadi penyumbatan yang mengakibatkan air tersebut tidak mengalir.


"Sebelumnya air yang keluhkan oleh mereka (warga) tidak ada kendala, hanya saja tadi ini air bersih bermasalah, tapi sekarang sudah mengalir seperti biasa," katanya.


Sementara di wilayah Kecamatan Patilanggio, kata dia, air yang berada di inti sungai dalam tahap perbaikan. sehingga itu air tersebut belum bisa mengalir ke rumah warga.


"Kalau untuk Patilanggio sumur sementara di buat oleh Perkim, karena inti berada di sungai sering tersumbat, sehingga kami belum bisa mensuplai air di rumah-rumah," terangnya.


Dia menjelaskan, permasalahan air di Patilanggio tergantung pekerjaan yang dilakukan oleh Perkim. Karena itu tempat penampung air biar cepat terealisasi.


"Tergantung dari Perkim, kalau inti air sudah bagus, insya allah secepatnya air tersebut sudah bisa mengalir," pungkasnya.(Zebal)

1.507 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua