Hari Pohon Sedunia, Warga dan Pelajar Sumenep Gelar Penanaman Pohon Mangrove

SUMENEP - analisapost.com | Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada Minggu tanggal 21 November 2021 diperingati oleh warga dan pelajar Sumenep yang terdiri dari Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Reng Paseser beserta pelajar dari Mts Negeri 3 Sumenep, SMP Negeri 2 Saronggi dan Kelompok Peduli Mangrove Madura (KPMM) Sumenep, dengan menggelar penanaman Mangrove di pesisir desa Tanjung Kecamatan Saronggi.

Foto : Fadel Abu Aufa

Acara dimulai sejak pagi hari pukul 06.00 hingga jam 08.00. Pada peserta sangat antusias. Mereka menghabiskan waktu pekan dengan kegiatan yang bermanfaat dan juga menyehatkan.


"Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian mangrove di pesisir pantai. Sebab Mangrove sangat bermanfaat untuk mengurangi pemanasan global, juga sebagai vegitasi pantai," ucap Fadel Abu Aufa selaku sekretaris Pokmaswas Reng Paseser juga sebagai Ketua Peduli Mangrove Madura Korwil Sumenep kepada tim Analisa Post.

Foto : Fadel Abu Aufa

Seiring perkembangan pembangunan masyarakat pesisir pantai. Banyak lokasi pohon mangrove di pesisir yang kini dibangun rumah dan menjadi lokasi usaha masyarakat sehingga keseimbangan pesisir pantai terancam. Tanpa adanya mangrove. Pemanasan global, terganggunya ekosistem laut dan abrasi pantai akan terjadi. Tanaman mangrove juga akan melindungi daratan dari hempasan ombak yang datang.


"Setiap moment hari lingkungan, kita selalu ada kegiatan, " ucap Mas Fadel. (Luf)


#haripohonsedunia

#mangrove

#pokmaswassumenep


425 tampilan0 komentar