Hujan Es di Bangkalan, Menghebohkan Warga

BANGKALAN - analisapost.com | Senin, 27 Desember 2021 sekitar Jam 13.30 sampai 13.50, viral video warga di media sosial mengenai hujan es yang melanda Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, Madura.

Foto : Istimewa

Warga Masyarakat Bangkalan langsung mengabadikan fenomena tersebut dalam sebuah video dan mengunggahnya di Media sosial. Fenomena hujan es memang merupakan fenomena yang jarang terjadi di Indonesia. Namun cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini terjadi, membuat hujan es melanda di beberapa tempat di Jawa Timur. Termasuk Malang dan beberapa tempat lainnya.


Sementara itu, hujan es terjadi Bangkalan kemarin sekitar jam 13.30. Hujan yang terjadi disertai angin, bahkan di beberapa video nampak pohon tumbang.


Menurut BMKG yang dirilis di @infobmkgjuanda menyebutkan fenomena ini terjadi akibat dari berbagai kondisi cuaca berikut :


1. Diakibatkan oleh awan Culumonimbus yang sangat tinggi dari citra CVUT CMAX terlihat ketinggian awan cb sekitar 6-8 km.

2. Nilai reflektifitas citra radar tinggi, hal ini terpantau dari CMAX dengan nilai dBZ pada jam 13.30 - 13.50 wib. Maksimum berkisar pada 50 - 55 dBZ.

3. Suhu puncak awan sangat rendah, pada citra satelit Himawari produk Cloud Type terlihat adanya pertumbuhan awan jenis cb yang cukup signifikan. Pada citra satelit produk Enchanced terlihat suhu puncak awan -69 hingga -100°C dan pada citra satelit Potensial Rainfall terlihat hujan dengan intensitas lebat terjadi pada pukul 13.30 sampai 23.50 di sekitar Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan.


Tidak ada korban jiwa dalam hujan lebat yang disertai angin ini. Namun warga tetap waspada terutama terhadap angin yang menyebabkan beberapa pohon tumbang. (Juna)

260 tampilan0 komentar