"Jaje Cerorot" Kue Khas Bali Yang Hampir Punah

SURABAYA - analisapost.com | Nama yang satu ini mungkin asing ditelinga. Namun jika berlibur ke Bali, ini bisa menjadi wisata kuliner yang cukup menarik. Jaje atau jajan cerorot merupakan salah satu kue tradisional khas Bali yang selalu hadir dalam setiap perayaan Hari Raya Nyepi.

Jaje cerorot salah satu makanan khas Bali yang di sajikan saat Hari Raya Nyepi (Foto: Div)

Jaje cerorot juga bisa dijumpai di beberapa daerah. Hanya saja penamaan yang berbeda. Hal yang cukup menarik adalah kue tradisional ini juga di jumpai di negara tetangga Malaysia dan Brunai Darusalam dengan nama jelurut.


Dari bentuk dan rasa tidak ada yang berbeda, hal ini di karenakan Indonesia, Brunai dan Malaysia masih serumpun.


Terlepas dari hal tersebut, Kue tradisional ini dibuat dengan bahan yang sama dengan makanan serupa di daerah lain. Bahan utama yang digunakan adalah tgula kelapa kemudian dicampur dengan santan, daun pandan, air dengan di rebus terlebih dahulu. Selanjutnya campuran itu di tuangkan di atas tepung beras, Tapioka, atau sagu.


sebelumnya janur disiapkan terlebih dahulu sebagai bahan cetakan untuk membuat cerorot. Janur ini digulung sengga berbentuk kerucut. Selanjutnya adonan di tuang ke dalan janur sampai hampir penuh.


Setelah itu tinggal dikukus dengan memerlukan waktu sekitar 15 menit. Untuk tanda kematangan kue ini adalah ketika teksturnya terlihat mengeras. Karena terbuat dari gula yang dicampur santan.


Kue yang memiliki perpaduan rasa gurih dan manis, sangat enak dimakan saat bersantai.


Makna dari Jaje Cerorot


Sekilas terlihat kue hanyalah makanan yang siap disantap. Namun ternyata semua memiliki makna seperti janur yang digunakan. Makna yang tersembunyi di dalan bungkusan jaje cerorot dengan janur yang melingkar adalah, diharapkan siapa saja yang menikmati makanan tersebut memiliki akal panjang ketika mereka menemukan rintangan. Jangan pernah putus asa. Dengan demikian pasti memperoleh hasil yang baik.

Makna penggunaan kenapa harus Janur, selain janur mudah dicari juga memiliki makna yang sangat mendalam. Janur yang berasal dari pohon kelapa, mulai dari ujung sampai akarnya sangat berguna. Sehingga diharapkan kue yang dimakan pun demikian. Bukan sekedar makanan biasa. Tetapi bisa menjadikan sesuatu yang sangat berharga apabila kita tidak bisa makan nasi, namun jaje cerorot bisa menggantikan meskipun tidak sampai kenyang.


Nah itulah makna dari jaje cerorot kue khas Bali yang banyak mengandung filosofi hidup. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatannya, jaje cerorot memang tidak menggunakan bahan kimia ataupun pengawet. Oleh karena itu, tidak heran kalau makanan ini juga terbilang sebagai jenis jajanan yang cepat basi karena bertahan hanya 1 hari.(Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#kuetradisional #jajecerorot #makanankhasbali #makanankhasindonesia


53 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua