Jati Kampung Seni Wirojalu

Diperbarui: 6 Des 2021



Probolinggo, Analisa Post | Jati kampung Seni atau biasa di sebut JKS Terletak di Garasi Akas Jl. Sunan Kalijogo Gg.I Kel. Jati Kec. Mayangan, tempat yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) kelurahan Jati.


Kampung ini berpotensi menjadi program unggulan untuk mengangkat perekonomian masyarakat khususnya warga sekitar. Pasalnya tempat ini merupakan galeri seni budaya (gasebu) yang mampu menghidupkan kearifan lokal. Ada seni musik, mural dan angkringan makanan yang kini mulai bertransformasi menuju kampung wisata. Selain gasebu disini juga bisa menjadi ajang swafoto/selfie bagi anak-anak muda.

Foto : Dokumentasi pribadi Wirojalu (Gasebu)

Tempat ini di Kelola oleh Sugeng Isdianto yang biasa di panggil cak Ugeng laki-laki kelahiran Probolinggo ini memiliki keinginan untuk mengangkat pariwisata, Budaya Probolinggo. Semua ini bermula dari dilihatnya tempat garasi yang tidak terawat. Banyak anak-anak muda mabuk-kan tidak ada aktivitas yang jelas.


Karena hal itulah cak ugeng berusaha untuk menangani dengan cara mengumpulkan anak-anak jalanan yang mempunyai bakat seni sehingga Ketika aktifitas  yang terjadi di dalam komunitas ini adalah akan terjadinya interaksi antar individu dari seniman, sehingga nantinya dapat menghasilkan suatu karya seni, atau sebuah solusi permasalahan, bisa berupa pertukaran budaya, kolaborasi budaya, dan tranformasi budaya.

Foto : Dokumentasi Pribadi Wirojalu (Gasebu)

Untuk pengunjung non seniman, adalah mengadakan rekreasi sekaligus mengenal berbagai seni yang ada di dalam kawsan ini nantinya. Fasilitas yang tersedia di Kampung seni adalah Unit-unit hunian untuk seniman, bengkel/studio yang tersedia di masing-masing hunian, ruang terbuka untuk pertemuan, wadah untuk memamerkan dan mementaskan seni gedung pameran, dan panggung terbuka .(Dna)

37 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua