Keturunan Pangeran Diponegoro Ke-6 Yang Telah Kembali
top of page

Keturunan Pangeran Diponegoro Ke-6 Yang Telah Kembali

Diperbarui: 31 Mar 2022


SURABAYA - analisapost.com | Bintang Timur Diponogoro adalah keturunan ke-6 dari Putra Pertama (Dipo Anom) Pangeran Diponogoro dari istri pertamanya, yang masih ada dan tinggal di Dukuh Kupang Timur 16, nomor 36 Surabaya. Jumat (30/07/2021)


Pria yang berpenampilan nyentrik ini, memiliki keahlian metafisika dan pengobatan alternatif pijat saraf dan totok saraf. Karena lahir, tinggal di Surabaya dan beragama Nasrani, membuat indentitasnya tidak diketahui oleh masyarakat bahwa sebenarnya Mas Bintang berdarah biru dan keturunan dari keraton.

Foto : Div (Bintang Timur Diponogoro)

Diakui Bintang awalnya tak percaya jika dirinya termasuk keturunan sang pahlawan saat dia menceritakan hidupnya. Dia menyadarinya setelah menajamkan mata batinnya dengan cara puasa dan bertapa. Sebelum neneknya RA Murtasih meninggal, juga sempat bercerita dan menunjukan tentang silsilah keluarga Bintang yang sebenarnya.


"Sempat kaget sih ternyata saya keturunan putra pertama pangeran Diponogoro. Dipo Anom dari istri pertama. Silsilahnya masih saya simpan dengan tulisan menggunakan tinta emas." Ujar mas Bintang tersenyum ramah.


"Keluarga tidak pernah cerita baik itu nenek ataupun kakek. Hampir dua tahun mencari jawaban. Akhirnya waktu saya bertapa, saya sempat bertemu dengan Eyang Diponogoro. Beliau datang dan memberikan pesan sambil menunjuk hidung saya." Paparnya


Saat Bintang diundang ke Jogja untuk berkumpul dengan keluarga besar keturunan Diponogoro salah satu Eyangnya mengatakan, "Kamu ini kok mirip sekali sama kakek nenek buyutmu.si eyang bilang gitu. Ternyata trah dari keturunan saya ini yang hilang yang dicari karena masuk Nasrani." Tuturnya kepada awak media Analisa Post.

Foto : Div (Kakak Dari Bintang Timur Diponogoro)

Sebagai keturunan Pangeran Diponogoro, ia sempat mengalami fase pergumulan hidup. Antara kaget, senang, binggung bercampur aduk dalam dirinya.


Siapa yang mengira kalau Pangeran Diponegoro, putra sulung Sultan Jogya, Sultan HB III atau Sultan Raja dari seorang selir. Dengan demikian dia adalah cucu Sultan HB II (Sultan Sepuh) dan cicit Sultan HB I (Sultan Swargi) pejuang yang mempunyai jasa besar terhadap Negara Indonesia adalah Eyang dari Mas Bintang.


Mengetahui dirinya termasuk garis keturunan Diponogoro, Bintang Timur Diponogoro bertekad untuk meneruskan semangat leluhurnya dan memegang nama baik yang di anugrahinya.


Ayah dari tiga orang anak ini selain terlihat nyentrik, memiliki darah biru yang hampir tidak terungkap, dia juga memiliki jiwa sosial. Dengan kelebihan yang dia punya, dia selalu membantu warga yang membutuhkan.


Bagi warga yang ingin berobat, terutama dimasa pandemi ini, jangan kawatir. Bisa datang menemui mas Bintang. Dia pria sederhana yang siap membantu.(Dna/Che)

666 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page