Kisah Heroik Yang Terjadi Pada 20 Februari 1942

MAKASSAR - analisapost.com | Pada 20 Februari 1942, Letnan Edward Henry O'Hare menjadi penerbang Amerika Serikat pertama yang menjadi penerbang jagoan (flying ace) dalam Perang Dunia II ketika ia seorang diri menyerang 9 pesawat bom Jepang yang hendak mendekati kapal induknya. Meskipun ia memiliki jumlah amunisi yang terbatas, ia berhasil menembak jatuh 5 pesawat pembom Jepang. Meski kehabisan amunisi, Edward O'Hare tetap menyerang bagian sayap & ekor pesawat musuh.

Rekaman kamera yang terpasang di pesawatnya, menjadi bukti keberaniannya dalam menyerang musuh. Hal itu menjadikannya sebagai penerima Medali Kehormatan (Medal of Honor) angkatan laut pertama dalam Perang Dunia II

Sifat keberanian ini diwarisinya dari ayahnya (Edward Joseph O'Hare) yang merupakan pengacara pribadi mafia yang paling ditakuti di Chicago pada masanya (Al Capone).Sepak terjang Edward Joseph O'Hareb dalam membantu Al Capone lolos dari jeratan hukum membuatnya dijuluki sebagai "Easy Eddie". Merasa apa yang dilakukannya selama ini adalah salah, Easy Eddie dengan jiwa keberaniannya berbalik melawan Al Capone.

Keberanian itu harus dibayar mahal dengan nyawanya. Easy Eddie tewas tertembak di dalam

mobilnya 1 pekan sebelum Al Capone keluar dari penjara. Hal ini diduga merupakan aksi balas dendam dari Al Capone melalui anak buahnya.

Easy Eddie (Edward Joseph O'Hareb) menceritakan semua yang dilakukan Al Capone dengan harapan dapat membersihkan namanya & dapat menjadi ayah yang dapat dibanggakan oleh anaknya (Edward Henry O'Hare) yang dikemudian hari dengan berani melawan 9 pesawat pembom jepang seorang diri. "Butch"

Intisari :

Pesan moril yang dapat kita ambil dari sejarah ini adalah

  1. Kita punya kewajiban berbagi nilai-nilai luhur kepada generasi penerusterutama pada anak-anak kita tidak peduli seberapa kelam masa lalu kita. Karena bisa jadi nilai luhur yang kita lakukan, sedikit banyak akan bermanfaat untuk anak-anak kita dikemudian hari.

  2. Setiap orang pernah melakukan kesalahan dimasa lalu, namun hal yang terpenting adalah bagaimana kita memperbaiki kesalahan itu apapun konsekuensinya karena ada harga yang harus dibayar dari kesalahan-kesalahan yang kita lakukan.

  3. Semoga dengan mempelajari sejarah, kita akan menghormati masa lalu dan berupaya menjadi yang lebih baik di masa depan

Kumpulan sejarah lain yang terjadi pada 20 Februari dari waktu ke waktu dapat di akses pada link berikut :


Ulasan Singkat (59 Detik)

https://youtu.be/vqeHxIrZi38


Ulasan Lengkap (23 Menit)

https://youtu.be/ciALJfhH9Xc


Semoga Bermanfaat

Salam Hormat

Ns. PanjiKu

Gerakan Sadar Sejarah

Respect The Past, Create The Future

1.159 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua