top of page

Lions Club District 307-B2 Peduli Kanker Anak, Yuk Bantu !

Diperbarui: 13 Mei 2023

SURABAYA - analisapost.com | Kesadaran masyarakat dengan penyakit kanker memang perlu ditingkatkan terutama di lingkungan keluarga atau sekitarnya. Hal tersebut yang melatarbelakangi Lions Club Internasional District 307-B2 Wilayah V mengadakan baksos "Part Of You", program Childhood Cancer dengan menyasar Rumah Singgah Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia (YPKAI), salah satu dari lima (5) kegiatan utama Lions Club International. Jumat (31/03/23)

Salah satu kegiatan yang dilakukaan saat mengunjungi Rumah Singgah Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia, Jumat 31/3 (Foto; Div)

Dengan banyaknya penderita kanker anak dari keluarga pra sejahtera, pengobatannya selalu terlambat atau terputus karena tak ada biaya, saat mengunjungi Rumah Singgah YPKAI di jalan Darmahusada Indah Timur, IX Blok L 142, Mulyorejo, Surabaya sebagai tempat bagi penderita kanker yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Dr. Soetomo, di mana tempat ini sebentar lagi akan habis masa kontraknya hal tersebut di ungkapkan oleh Anna Florentina Xiao, Ketua Wilayah V menjelaskan tentang tujuan diadakannya baksos.


"Ada lima (5) Program rutin yang dijalankan Lions Club Internasional Indonesia ada Hunger, Lingkungan Hidup, Vision, Diabetes dan Kanker Anak. Kita di Surabaya terbagi 3 wilayah yaitu wilayah IV, V dan VI. Kami semua bersyukur karena diberi kesehatan, rejeki hingga bisa seperti ini. Oleh karena itu kami ingin berbagi kepada sesama yang membutuhkan bantuan," ujarnya.

"Kenapa kami memilih YKPAI ini, adalah sisi kemanusiaan kami tersentuh saat mengetahui perjuangan mengelola secara personal, menampung sebanyak kurang lebih 20 anak berikut masing-masing satu orang pendamping, harus berjuang untuk kelangsungan sehari-hari di mana tempat ini 2 bulan lagi akan habis masa kontraknya, dan mereka harus pindah. Sedangkan dana untuk menyewa tempat tidak ada," jelasnya lirih sedih sambil menebar pandangannya ke ruangan.


"Bantuan yang dberikan kepada YPKAI ini adalah, kami akan mengadakan konser musik amal yang akan di gelar tanggal 13 Mei 2023, berkolaborasi bersama Yayasan Petra melibatkan siswa-siswi mulai dari SD, SMP, SMA dan UK Petra. Ini merupakan kegiatan pertama kita lakukan dengan open donasi guna membantu mereka agar memiliki tempat tinggal tetap untuk anak-anak penderita kanker, dan mereka yang tinggal di rumah singgah banyak dari keluarga yang pra sejahtera," cerita wanita cantik kepada awak media Analisa Post.


"Dengan begitu, penderita yang menjalani pengobatan jalan, khusus kanker di RS Dr. Soetomo dan harus berulang, dapat menggunakan fasilitas inap Rumah Singgah agar mengurangi beban biaya, khususnya yang berasal dari luar kota." harapnya.

Anna Florentina Xiao, Ketua Wilayah V (Kiri) Projec Officer Childhood Cancer, Darmanto Anam Muliawan (Kanan) (Foto: Div)

Sebagaimana diketahui, rumah singgah yang disediakan fungsinya tidak hanya sebagai fasilitas menginap, tetapi juga tempat bertukar informasi tentang kanker serta faktor resiko, akses terapi, penyediaan nutrisi yang dibutuhkan pasien, serta dukungan lainnya kepada penderita kanker bersama keluarga atau pendamping.


Adanya kegiatan ini, harapannya uluran tangan dari masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak penderita kanker, dapat sedikit membantu dan meringankan beban anak-anak penderita khususnya beban pengurus serta pendamping pasien pada umumnya.


Untuk menunjang kegiatan tersebut, Yayasan Lions Club Indonesia wilayah V mengundang kita semua sebagai sahabat Lions terpanggil untuk berbagi dengan menjadi donatur melalui donasi pada acara konser yang di selenggarakan di gedung UK Petra.


Sementara Projec Officer Childhood Cancer, Darmanto Anam Muliawan, menambahkan kegiatan tersebut digelar dalam rangka menggalang dana bagi perawatan anak penderita kanker.

"Jadi teman-teman Petra Youth Orchestra, Petra Cristian University Orchestra, Petra Cristian University Choir, Petra Youth Choir, Petra Children Choir akan menampilkan beberapa lagu dari World Disney. Dana yang terkumpul nantinya akan digunakan membantu pihak yayasan untuk membayar sewa rumah singgah yang segera jatuh tempo, selain itu akan di manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Untuk open donasi, akan di rilis mulai tanggal 1 April 2023," ujar pria sederhana yang kerap di sama Ko Anam.


Pada kesempatan tersebut, hadir ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Surabaya, Syaiful Bachri, SP dan Ketua Institute Paud, Tuti Purwaningsih.


Lions Club District 307-B2 wilayah V bersama UK Petra bernyanyi bersama anak-anak yayasan dipimpin oleh Shannen, Ivan Joe dan Andrea, story Telling oleh Rachel Dorothy, mewarnai bersama ditemani oleh siswa-siswi Petra dipimpin Bintang Adyuda, dan kegiatan ditutup dengan pemberian sembako dari anak PPPK Petra, anggota PYO PPPK Petra secara simbolik kepada pendamping oleh Wadir Pendidikan, Ivan Joe, ibu Rinto dan di tutup doa oleh Bapak Kasmuri.


Jadi jangan ragu lagi, sampaikan kebaikan hatimu melalui donasi dengan mengajak semua orang baik untuk menonton konser amal yang akan di selenggarakan 13 Mei 2023. Yuk berbuat kebaikan dimulai sekarang. (Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Комментарии


bottom of page